Rekomendasi Aplikasi Database Terbaik

Aplikasi Database Terbaik – Bagi beberapa developer, menggunakan sebuah database untuk melihat pengembangan dari perangkat lunak yang diciptakannya merupakan hal yang sangat penting.

Dengan adanya database ini, maka data yang terkait dengan aplikasi akan disimpan. Jika Anda membutuhkannya, maka dapat menggunakan aplikasi database terbaik ini.

Dengan menggunakan aplikasi database terbaik ini, maka Anda dapat melakukan pemantuan, penghapusan, pengubahan, dan juga pembuatan data pada database.

Untuk itu, langsung saja berikut ini aplikasi yang mendukung Anda dalam mengoperasikan database.

10 Aplikasi Database Terbaik yang Wajib Dicoba

Aplikasi Databse Terbaik

Aplikasi Databse Terbaik

  1. Software MySQL Workbench

MySQL Workbench merupakan sebuah perangkat lunak dengan basis GUI, yang cocok digunakan untuk mengatur dan mengoperasikan database.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat serta mengatur koneksi dengan server pada database, membuat sebuah skema untuk database, melakukan eksekusi pada SQL dari editor SQL yang tersedia.

Tidak hanya itu, aplikasi yang satu ini memungkinkan Anda untuk mengatur administrasi pengguna, adminstrasi server, recovery dan back up, monitoring performa dari server MySQL, dan juga masih banyak lagi yang lainnya.

MySQL Workbench ini juga bisa berpindah dari Microsoft SQL Server, Sybase ASE, Microsoft Access, PostreSQL, SQLite, SQL Anywhere, serta objek RDBMS  yang lain.

Baca juga : Aplikasi Pembuat Animasi

  1. Aplikasi PHPMyAdmin

Salah satu aplikasi database terbaik paling populer dan juga bayak digunakan para developer web yang menggunakan database dalam penyimpanan datanya, adalah PHPMyAdmin.

Beberapa jenis database yang telah didukung oleh aplikasi ini, meliputi MariaDB, MySQL, serta Drizzle. Aplikasi yang satu ini dapat Anda gunakan secara gratis dan telah mempunyai lisensi dari GNU GPL.

PHPMyAdmin ini, sebenarnya adalah sebuah aplikasi untuk database dengan basis web. Jadi aplikasi yang satu dapat Anda jalankan melalui web browser.

Fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini tergolong banyak dan sangat menguntungkan. Di antaranya seperti pemberian bookmark pada SQL-statement apa saja, pengaturan stored triggers, dan procedures, serta masih banyak lagi yang lain.

  1. Aplikasi SQL Power Architect

Aplikasi selanjutnya yang dapat membantu Anda dalam menggunakan database adalah SQL Power Archotect. Aplikasi ini, telah mendukung berbagai jenis database seperti Sybase, Oracle, SQL Server, SQLite, DB2, PostgreSQL, Informix, H2, dan masih banyak lagi.

Layaknya seperti aplikasi untuk database yang lain, SQL Power Architect juga mempunyai fitur untuk mengelola objek di database.

Jadi, Anda dapat melakukan penghapusan serta pembuatan database dan juga tabel. Selain itu, kegiatan ekspor dan impor juga dapat Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi yang satu ini.

Akan sangat rugi jika Anda sebagai developer menggunakan database, namun tidak mencoba aplikasi bernama SQL Power Architect ini.

Baca juga : Aplikasi Gudang Terbaik

  1. Aplikasi Database DBVisualizer

DBVisualizer adalah sebuah alat yang dapat digunkana untuk mengloah database dengan basis GUI. Aplikasi yang satu ini, dapat Anda gunakan secara multiplatform.

Jadi Anda dapat menggunakan DBVisualizer pada PC dengan sistem operasi Windows, Linux, maupun MacOS. Dengan ini, maka Anda tidak perlu khawatir jika file yang dimiliki harus dibuka di platform yang lain.

Fitur utama yang diberikan oleh DBVisualizer ini, yakni mendukung berbagai macam jenis database yang meliputi DB2, Mimer SQL, Sybase, Oracle, SQL Server, PostgreSQL, MySQL, Neoview, JavaDB/Derby, Informix, SQLite, H2, Vertica, dan juga NuoDB.

Selain itu, masih banyak lagi fitur yang akan memudahkan Anda dalam urusan mengatur database.

  1. Aplikasi Database HeidiSQL

Aplikasi database terbaik yang bernama HeidiSQL, memang diperuntukan bagi para web developer pengguna Microsoft SQL, MySQL Server, maupun PostgreSQL untuk databasenya.

Layaknya pada aplikasi untuk database yang lain, aplikasi yang satu ini juga mempunyai berbagai macam fitur yang sangat membantu dan juga menguntungkan.

Beberapa fitur tersebut, seperti penglihatan dan pengubahan data dalam database, pembuatan dan penglihatan untuk tabel, prosedur, view, event, dan juga trigger.

Tidak hanya itu, HeidiSQL tersebut juga dapat digunakan untuk melakukan kegiatan ekspor ataupun impor untuk struktur dalam database.

Baca juga : Aplikasi Penghasil Pulsa

  1. Aplikasi Toad for MySQL

Dapat dikatakan bahwa Toad for MySQL merupakan sebuah aplikasi pengolahan database atau database manager, yang mempunyai fitur utama berupa kecepatan dan efisiensi pada eksekusi kueri serta manajemen database.

Akan tetapi, aplikasi yang satu ini hanya mendukung tipe database berupa MySQL saja.

Meskipun begitu, namun disarankan Anda untuk menggunakan Toad for MySQL ini juga database yang digunakan bertipe MySQL.

Hal ini dikarenakan pengerjaan atau pengolahan database MySQL akan berjalan lebihc cepat, tepat, dan sempurna jika Anda menggunakan aplikasi yang satu ini.

  1. Aplikasi Database pgAdmin

pgAmin adalah sebuah aplikasi pengolah database untuk PostgreSQL dengan basis GUI. Aplikasi ini tergolong gratis serta bersifat open source.

Anda tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan aplikasi ini. Pasalnya, pgAdmin dapat Anda jalankan melalui berbagai macam sistem operasi yang meliputi Linux, MacOS, Windows, Solaris, dan FreeBSD.

Dengan menggunakan pgAdmin, maka segala urusan database terutama PostgreSQL Anda akan tertangani dengan cepat. Aplikasi ini juga mempunyai berbagai macam fitur yang tidak perlu diragukan lagi kelebihannya.

Baca juga : Aplikasi Hotspot Terbaik

  1. Aplikasi Database phpPgadmin

Hampir sama dengan pgAdmin, phpPgadmin merupakan salah satu aplikasi pengolah database untuk jenis PostgreSQL dengan basis web.

Anda dapat menggunakan aplikasi yang satu ini secara gratis. Selain itu, penggunaan dari aplikasi ini juga terbilang mudah karena memiliki tampilan antarmuka yang cukup ramah.

Untuk masalah fitur, phpPgadmin telah menyediakan berbagai macam fitur yang sangat menguntungkan. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi jika menggunakan aplikasi yang satu ini untuk mengolah database Anda.

Maka dari itu, tidak perlu ragu lagi untuk mempercayakan pengolahan database pada aplikasi phpPgadmin.

  1. Aplikasi Database SQuirrel SQL

Aplikasi database terbaik yang direkomendasikan selanjutnya adalah SQuirrel SQL. Aplikasi ini merupakan perangkat lunak pengolah database yang dibangun dengan menggunakan Java.

Hampir sama seperti apliaksi pengolah database yang lain, Anda dapat melihat dan membuat data, membuat dan melihat tabel, melakukan eksekusi pada perintah SQL. Da masih banyak lagi yang lain.

Tidak hanya itu, namun aplikasi yang satu ini juga memiliki berbagai macam fitur lain yang sangat mendukung pengolahan database Anda. Oleh sebab itu, Anda dapat mempercayakan keperluan database pada aplikasi yang bernama SQuirrel SQL yang satu ini.

Baca juga : Aplikasi VPN Gratis

  1. Aplikasi Database Terbaik Microsoft SQL Server

Aplikasi pengolah database yang terakhir, adalah Microsoft SQL Server atau sering disebut dengan MSSQL. Sesuai dengan namanya, aplikasi yang satu ini dikembangkan oleh Microsoft.

Akan tetapi, aplikasi ini bersifat komersial dan penggunanya dibatasi. MSSQL sangat cocok digunakan bagi para pengusaha dengan skala kecil dan juga besar.

Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan untuk melakuakn koneksi dengan komputer klien. Selain itu,  MSSQL juga mempunyai kemampuan dalam mengolah user, rollback, back-up data, recovery data, dan masih banyak lagi yang lain.

Dengan menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi database terbaik di atas, maka dapat dipastikan bahwa pekerjaan Anda sebagai developer yang memerlukan database dapat berjalan dengan lancar.

Anda hanya perlu menyesuaikan keperluan Anda dengan pilihan aplikasi pengolah database yang telah direkomendasikan di atas.