10 Aplikasi Burning CD Menggunakan PC Paling Mudah Digunakan

Aplikasi Burning CD digunakan untuk menuliskan data pada CD yang diperantarai oleh hardware tertentu. Prinsip dasar yang digunakan adalah memasukkan kode- kode biner pada CD sehingga dapat dibaca ulang di kemudian hari.

Burning merupakan proses penulisan data yang dilakukan untuk mengisi data pada CD. Proses ini dilakukan dengan cara menembakkan laser pada CD sehingga menimbulkan panas, itulah sebabnya proses tersebut dinamakan Burning.

Aplikasi Burning PC dan Laptop Terbaik

1. Aplikasi Nero Burning Rom

Aplikasi Nero Burning Rom

Nero Burning Rom atau sering disebut sebagai Nero merupakan aplikasi atau software yang digunakan untuk melakukan burning pada CD.

Penggunaannya yang mudah mengakibatkan Nero lebih sering digunakan dibandingkan dengan aplikasi burning CD lainnya.

Aplikasi tersebut telah dirilis sejak tahun 2010 dan tetap populer hingga sekarang. Nero Burning Rom di kembangkan oleh Nero AG dan sanggup menjadi burning tools berkualitas tinggi.

Anda dapat menggunakan Nero Burning Rom menggunakan sistem operasi Microsoft Windows.

Fitur yang dimiliki juga cukup lengkap. Seperti burner untuk memasukkan file pada CD. Converter untuk mengubah format sebuah file menjadi format yang lain.

Nero juga menyediakan fitur backup untuk mencadangkan file penting agar tidak hilang. Anda dapat pula menggunakan aplikasi ini secara gratis maupun berbayar.

Aplikasi Pemotong Lagu

2. Aplikasi ImgBurn

Aplikasi Img Burn

Img Burn dapat digunakan secara gratis menggunakan personal computer Anda. Oleh karena itu, Anda tidak perlu merogoh kantung sedikitpun untuk menggunakan Img Burn.

Anda juga dapat memasang aplikasi ini dengan mudah apabila Anda menggunakan sistem operasi Microsoft Windows atau Linux.

Apabila menggunakan sistem operasi Microsoft Windows Anda harus menggunakannya pada versi Windows 95 ke atas. Namun, saat menggunakan sistem operasi linux hanya dapat digunakan pada X86-based unixes.

Keterbatasan ini membuat pengguna yang masih menggunakan sistem operasi MAC belum dapat mencobanya.

Img Burn mempunyai empat tools utama yaitu read, built,verify, write, dan discovery. Read digunakan untuk membaca file yang terdapat dalam keping CD.

Built tools berguna untuk membuat file image dari file yang terdapat pada komputer maupun pada jaringan. Sedangkan veryfy berguna untuk mengecek apakah keping CD siap untuk digunakan.

3. Aplikasi Ultimate CD/DVD Burner

Aplikasi Ultimate CD,DVD Burner

Ultimate CD/DVD Burner memiliki fungsi untuk memburning data ke dalam keping CD maupun keping DVD. Waktu yang diperlukan untuk melakukan proses tersebut relatif cepat.

Hal ini tergantung kepada ukuran file serta kualitas keping CD maupun keping DVD yang digunakan. Kualitas keping yang baik akan membuat proses burning menjadi lebih cepat dan hasil yang didapat juga maksimal.

Ultimate CD/DVD Burner baru dapat dipakai menggunakan sistem operasi Microsoft Windows mulai dari Windows 7 sampai dengan Windows 10.

Dengan begitu, sistem operasi yang lebih lawas seperti Windows XP dan Windows Vista tidak dapat menggunakannya.

4. Aplikasi InfraRecorder

Aplikasi InfraRecorder

Kegunaan yang diberikan oleh InfraRecorder utamanya adalah memasukkan data ke dalam keping CD. Selain itu, Anda dapat merubah data yang terdapat dalam CD menggunakan aplikasi ini dengan sangat mudah. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir apabila data yang dimasukkan salah, karena dapat dirubah dengan mudah.

Apabila keping CD mengalami kerusakan dapat pula diperbaiki menggunakan InfraRecorder menggunakan fitur Fixate Disc tentunya apabila kerusakan CD tidak melebihi batas tertentu.

Aplikasi ini juga memiliki fitur Display Disc Information sehingga Anda dapat mengetahui apa saja yang ada di dalam Disc, ukurannya, kapan dibuat, dan lain sebagainya.

5. Aplikasi CDBurnerXP

Aplikasi CDBurnerXP

CDBurnerXP mememiliki interface yang tersedia dalam beragam bahasa. Namun, bahasa indonesia belum tersedia sehingga Anda harus cukup puas dengan hanya menggunakan bahasa inggris apabila tidak mengerti bahasa dari negara lain.

Anda dapat memburning dan membuat file ISO dengan menggunakan CDBurnerXP. Hal tersebut berguna karena memang kebanyakan Disc mempunyai format ISO. Anda juga dapat mengkonversi data yang miliki format bin maupun nrg menjadi berformat ISO.

Sistem operasi yang mendukung software CDBurnerXP hanyalah Microsoft Windows. Mulai dari versi Windows 2000 hingga Windows 10 dapat digunakan untuk memasang software tersebut.

Keuntungan diatas dapat diperoleh tanpa mengeluarkan uang sedikitpun karena CDBurnerXP merupakan software gratis.

6. Aplikasi Ashampoo Burning Studio

Aplikasi Ashampoo Burning Studio

Ashampoo Burning Studio memiliki kemampuan untuk melakukan burning ke dalam keping CD dengan memasukkan beragam jenis data.

Anda bisa memasukkan data berjenis video, audio, dan file dokumen. Proses tersebut membutuhkan waktu yang relatif singkat asalkan ukurannya tidak terlalu besar serta kualitas dari CD mendukung.

Ashampoo Burning Studio selalu menampilkan hasil kerja Anda yang terdahulu hingga 20 data. Sehingga, Anda akan sangat terbantu dengan adanya data tersebut.

Data tersebut berguna jika Anda ingin menggunakan data tersebut kembali Anda tidak perlu kesulitan mencarinya.

7. Aplikasi Star Burn

Star Burn memungkinkan Anda untuk memburning data pada keping CD, keping DVD, Blu-Ray, bahkan HD-DVD sekalipun.

Sehingga, Anda dapat memiliki kemampuan burning untuk berbagai jenis keping Disc hanya dengan menggunakan sebuah software saja. Star Burn sangat direkomendasikan untuk digunakan sebagai sarana usaha Burning pada keping Disc.

Anda dapat memburning berbagai jenis data. Seperti, video, audio, spread sheet, beserta dokumen dokumen lainnya.

Star Burn dapat digunakan secara gratis. Namun, Anda hanya dapat menggunakannya apa bila sistem operasi di PC berbasis Microsoft Windows mulai dari Versi Winsows XP hingga Windows 10.

8. Aplikasi [email protected] ISO Burner

[email protected] ISO Burner digunakan untuk memburning data ke dalam keping disc. Beberapa keping disc yang digunakan diantaranya adalah, DVD-RW, DVD-R, CD-RW, DVD+R, CD-R,  DVD+R DL (Dual Layer), dan juga DVD+RW.

Tampilan yang digunakan dalam aplikasi burning CD tersebut cukup bagus dan sederhana. Penyusunan tools yang rapi sangat memudahkan pengguna.

Tools utama yang dimiliki oleh [email protected] ISO Burner adalah pengatur kecepatan, mode, dan salinan. Sehingga, Anda dapat mengatur kececepatan burning yang akan dilakukan.

Semakin lambat akan semakin sempurna hasil burning yang didapatkan. Selain itu, terdapat pula pengaturan untuk menentukan jumlah salinan file yang diburning ke dalam keping disc.

9. Aplikasi BurnAware

Kemampuan burning yang dimiliki oleh BurnAware memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Kemampuan burning suatu file ke dalam keping CD, DVD, dan Blu-Ray di semua tipe. Hal tersebut membuat aplikasi ini menjadi primadona dikalangan customer.

Burning dengan kualitas tinggi dapat dilakukan menggunakan BurnAware. Anda juga akan mendapatkan berbagai fitur tambahan apabila Anda menggunakan Advanced Option.

Berbagai kegunaan seperti recovery data dan lain lain terdapat dalam Advanced Option.

10. Aplikasi Burning CD Power ISO

Aplikasi Burning CD Power ISO

Power ISO dapat disebut sebagai aplikasi Burning CD yang powerfull. Anda dapat memburning berbagai jenis file ke dalam disc dengan sangat mudah.

Sehingga, sangat mempermudah pekerjaan burning dan juga membutuhkan waktu yang singkat.

Aplikasi tersebut juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan burning dengan berbagai format. Format yang dihasilkan seperti ISO, BIN, CDI, DAA, NRG, dan masih banyak lagi.

Power ISO dapat pula digunakan untuk membuka dan juga mengekstrak data yang berformat ISO dengan mudah.