10 Aplikasi Akuntansi Kemajuan Bisnis dan Perusahaan Anda

Aplikasi Akuntansi merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang memiliki peranan penting, terutama dalam hal bisnis. Dengan menggunakan jenis perangkat lunak ini, maka hampir segala sesuatu yang berhubungan dengan hal bisnis atau akuntansi akan teratasi dengan lebih mudah.

Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda menggunakan aplikasi untuk akuntasi ini dalam menjalankan bisnis yang sedang Anda bangun. Untuk itu langsung saja, berikut ini beberapa aplikasi akuntansi yang perlu diketahui.

Daftar Aplikasi Akuntansi yang Terbaik Hingga Saat Ini

Aplikasi Akuntansi

Software Akuntansi/ Sumber Image: www.hashmicro.com

  1. Software Akuntansi SAP

Aplikasi SAP

SAP merupakan sebuah aplikasi akuntansi buatan Jerman yang mempunyai pengguna lebih dari 300.000 dari seluruh dunia. SAP mampu menawarkan solusi berbasis awan secara otomatis dan on premise untuk perusahaan di seluruh dunia, untuk melakukan penyederhanan mengenai pengelolaan keuangan perusahaan.

Beberapa fitur unggula yang dimiliki oleh aplikasi yang satu ini, meliputi pembuatan laporan keuangan secara real-time, manjemen kredit, manajemen utang piutang, serta manajemen untuk anggaran. Aplikasi ini juga mempunyai alat pelapor canggih untuk mempermudah prediksi pengeluaran dan pendapat di masa mendatang.

Baca juga: Aplikasi Pajak

  1. Software Akuntansi EQUIP

Software Akuntansi EQUIP

EQUIP merupakan sebuah aplikasi khusus untuk akuntansi yang berasal dari Singapura dan telah dikembangkan sejak tahun 2008 oleh HashMicro. Walaupun dapat dikatakan masih baru di Indonesia, namun banyak perusahaan besar yang terbukti telah menggunakan aplikasi keuangan yang satu ini.

Apliaksi ini datang dengan membawa berbagai macam fitur yang dibutuhkan perusahaan dalam pengelolaan keuangan mereka. Seperti halnya manajemen faktur, manajemen nota debit dan kredit, manajemen pembayaran, manajemen pajak terlokalisasi, pembuatan laporan keuangan, dan masih banyak lagi fitur pendukung yang lain.

Baca juga: Aplikasi Pertanian

  1. Software Akuntansi Accurate

Software Akuntansi Accurate

Dalam menghadirkan sebuah software yang membantu para pebisnis untuk mengelola perusahaan mereka, Accurate menghadirkan dua jenis paket yaitu Accurate Online serta Accurate 5 Desktop. Untuk jenis Accurate Online, para penggunanya diharuskan untuk membeli paket bulanan dan menyimpan semua data pada awan atau cloud di internet.

Sedangkan untuk versi Accurate 5 Desktop, Anda perlu membeli aplikasi ini pada awal penggunaan dan dapat melakukan penyimpanan data pada komputer Anda. Walaupun dapat digunakan untuk melakukan pengelolaan penjualan, namun aplikasi ini lebih tetap jika digunakan untuk sistem pembukuan sebagai back office.

Baca juga: Daftar Aplikasi Perpustakaan

  1. Software Jurnal

Aplikasi Jurnal

Jurnal menyediakan sebuah aplikasi untuk akuntasi dengan basis cloud atau awan, sehingga lebih cocok jika digunakan untuk berbagai macam bisnis berskala kecil hingga menengah. Aplikasi ini dapat Anda akses kapan pun dan di manapun melalui internet, tanpa membutuhkan biaya untuk instalasi di awal pengguna.

Aplikasi yang satu ini menyediakan berbagai macam fitur yang sangat penting bagi bisnis, seperti halnya pelaporan yang lengakap secara real-time, pencatatan biaya, pembuatan sebuah faktur, manajemen seluruh aset, dan juga pelacakan persediaan perusahaan. Anda juga dapat menghubungkan akun bank melalui fitur yang bernama Cash Link dalam aplikasi ini.

Baca juga: Daftar Aplikasi Cetak Foto

  1. Software Akuntansi Zahir

Dapat dikatakan Zahir adalah sebuah software akuntansi paling tua di Indonesia. Aplikasi ini menawarkan beberapa paket yang dapat Anda pilih, seperti Zahir Essential untuk perdagangan dan distribusi, Zahir Online untuk bisnis manufaktur dan jasa, Zahir Enterprise untuk perusahaan besar, Zahir Profesional untuk kontraktor dan produsen, dan Zahir On Premsise untuk usaha menengah.

Berbagai macam fitur pendukung usaha pastinya juga dihadirkan oleh Zahir, di antaranya seperti manajemen pembelian, manajemen penjualan, pembayaran utang, pembayaran piutang, serta manajemen kas. Sedangkan untuk perusahaan besar, tentunya Zahir memberikan beberapa fitur tambahan lagi.

Baca juga: Daftar Aplikasi Presentasi

  1. Aplikasi Akuntansi MYOB

MYOB merupakan sebuah software akuntansi yang berasal dari Australia. Dapat dikatakan bahwa MYOB adalah cikal-bakal dari banyaknya software akuntansi yang ada di Indonesia saat ini. Hal ini dibuktikan dengan penguasaan pasar software keungan oleh MYOB di Indonesia. Tidak hanya itu, apliaksi ini juga sering digunakan untuk praktikum LAB Akuntansi yang ada di Indonesia.

Akan tetapi, fitur yang dihadirkan oleh MYOB ini dinilai masih kurang lengkap jika dibandingkan dengan beberapa sofware akuntansi yang baru. Oleh sebab itu, penggunaan dari aplikasi yang satu ini mulai berkurang dan banyak yang berpindah ke aplikasi akuntansi yang lain.

Baca juga: Daftar Aplikasi Desain Baju

  1. Aplikasi Akuntansi Oddo

Oddo adalah sebuah software akuntansi yang bersifat gratis dan Open Source. Fitur yang dimiliki oleh aplikasi yang satu ini juga sangat lengkap. Perlu Anda ketahui, bahwa Oddo juga merupakan aplikasi ERP. Jadi jika Anda menggunakan Oddo, Anda sudah siap untuk mengadopsi sistem ERP yang terdiri dari banyak sekali aplikasi yang mendukung jalannya bisnis.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat melakukan pembelian, penjualan, manajemen SDM, stok barang, manajemen aset yang dimiliki, dan masih banyak lagi. Tentunya hal ini akan sangat mempermudah Anda dalam mengoperasikan sebuah bisnis. Bahkan Anda dapat melakukan pembayaran melalui salah satu fitur yang ada di dalam aplikasi untuk akuntansi yang bernama Oddo ini.

Baca juga: Daftar Aplikasi Pembuat CV

  1. Aplikasi EAS

EAS atau yang merupakan singkatan dari Easy Accounting System, adalah sebuah software akuntansi yang telah dibuat sejak tahun 2009 silam. Hingga saat ini, aplikasi yang satu ini tetap masih banyak digunakan meskipun banyak bermunculan software akuntansi baru.

Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut memiliki basis dekstop dan juga mobile EAS, yang mampu menawarkan kelengkapan fungsi. Bahkan aplikasi yang satu ini dapat disebut sebagai semi-ERP. Jadi Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk membantu urusan bisnis Anda secara lebih luas.

Baca juga: Daftar Aplikasi Pembuat Logo

  1. Aplikasi Akuntansi Krishand

Aplikasi untuk akuntansi yang terbaik selanjutnya adalah Krishand. Krishand merupakan sebuah aplikasi yang sangat mendukung keperluan akuntansi dengan berbagai macam fitur yang sangat lengkap. Seperti halnya penjualan, pembelian, pencatatan biaya, pendaftaran aset yang dimiliki oleh perusahaan, dan masih banyak lagi.

Selain sangat mendukung dalam hal akuntansi sebuah perusahaan, aplikasi yang satu ini juga mampu untuk memberikan modul Payroll. Dengan ini, maka Anda dapat mengurus perpajakan dengan cara yang lebih mudah. Segala pembayaran dapat dilakukan dengan mudah dan Anda tidak perlu merasa repot lagi.

Baca juga: Daftar Aplikasi Kasir

  1. Aplikasi Akuntansi Fina

Software terakhir dalam daftar aplikasi untuk akuntansi terbaik adalah Fina. Fina sendiri, merupakans sebuah aplikasi khusus untuk urusan akuntansi buatan Indonesia. Banyak yang berpendapat bahwa penggunaan aplikasi Fina ini sangat mudah. Selain itu, fitur yang dihadirkan juga cukup lengkap dan tentunya sangat membantu dalam menjalankan sebuah bisnis.

Tidak hanya sampai di situ, aplikasi yang satu ini juga menawarkan sebuah fitur yang cukup unik. Yaitu fitur custom yang dapat membuat Anda dapat melakukan custom pada software sesuai dengan keinginan Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan alat yang diperlukan, karena Anda dapat menambahkan segala keperluan Anda dalam aplikasi tersebut.

Dengan menggunakan salah satu atau lebih aplikasi akuntansi di atas, tentunya bisnis dan perusahaan yang Anda jalankan akan berjalan secara lebih baik. Anda hanya tinggal memilih aplikasi mana yang menurut Anda cocok dan mudah untuk Anda gunakan.

Baca juga: Daftar Aplikasi Desain Rumah