12 Alat Musik Tiup Modern untuk Orkestra Hingga Marching Band

Alat Musik Tiup – Berbagai jenis alat musik tiup dapat kita jumpai diberbagai tempat. Apalagi sejenis alat musik suling yang dengan mudahnya bisa kita lihat pada pagelaran musik tradisional atau sekelas konser dangdut.

Bahan dasar pembuatan instrumen musik tiup ini pun bergam mulai dari bambu, kayu hingga logam. Beda materialnya beda pula bunyi yang dihasilkannya.

Namun sekarang ada juga instrumen musik tiup modern yang dapat kita temui pada pagelaran seni musik modern seperti orkestra dan marching band. Bahkan dalam pagelaran marching band, instrumen musik tiup ini menjadi tokoh utama dalam ansambel.

Dalam instrumen musik tiup, terdapat resonator (mouthpiece) bentuknya seperti tabung yang memanjang. Rongga udaranya digetarkan dengan udara yang berasal dari tiupan pemainnya.

Titinada getarannya ditentukan dari modifikasi manual kolom getar udara dan panjang tabung. Untuk ulasan selengkapnya, baca 12 jenis instrumen musik tiup berikut ini.

Macam-Macam Alat Musik Tiup

Alat Musik Tiup

Alat Musik Tiup

  1. Alat musik Klarinet

Klarinet adalah salah satu alat musik woodwind yang diambil dari bahasa Itali, “Clarino” yang berarti terumpet dengan tambahan akhiran “-et” sehingga bermakna kecil.

Alat musik ini tidak jauh berbeda dengan saksofon, karena dimainkan dengan satu reed saja.

Baca juga : Alat Musik Tifa

  1. Alat Musik Obo

Obo yang berasal dari bahasa Perancis hautbois atau high wood, juga merupakan alat musik kategori woodwind dengan memakai  double reed. Orang yang memainkannya disebut obois.

Alat musik ini turunan dari alat musik shawm. Terkadang Obo masih kerap disebut hautboy dalam bahasa Inggris.

Alat musik Obo berbeda dari instrumen musik woodwind lainnya. alat ini lebih menghasilkan suara yang melengking tetapi tetap jernih.

Suaranya sangat terdengar dengan jelas di dalam ansambel besar, sehingga sangat mudah didengar ketika melakukan tuning.

Baca juga : Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara

  1. Alat Musik Saksofon

Keluarga woodwind selanjutnya adalah alat musik saksofon. Saksofon terbuat dari logam dan terbagi menjadi tiga, yakni Alto Saxophone, Soprano Saxophone dan Curved Bell Soprano Saxophone.

Umumnya saksofon digunakan dalam pertunjukkan musik populer semacam jazz, big band music, dan lainnya. Saksofon juga pernah dipakai untuk orchestra dan military band.

Baca juga : Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan

  1. Alat Musik Flute

Alat musik tiup selanjutnya adalah flute. Flute yang merupakan alat musik woodwind ini menghasilkan karakter suara yang lembut sehingga ia dapat dikombinasikan dengan instrumen lainnya.

Ia termasuk alat musik jenis tiup yang modern. Flute professional terbuat dari emas, perak atau campuran keduanya. Sementara untuk siswa flute dibuat dari nikel dan perak.

Baca juga : Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat

  1. Alat Musik Trumpet

Terumpet adalah salah satu instrument musik tiup yang sering kita jumpai di dalam pagelar orchestra, marching band, drum band dan sebagainya.

Alat musik ini terbuat dari logam dan menghasilkan nada yang paling tinggi diantara instrumen musik tiup lainnya seperti bariton, melofon, French horn, trombon, eufonium dan tuba.

Pada alat musik terumpet, Anda hanya bisa menemui tiga tombol yang harus dimainkan bergantian sesuai embouchure, sehingga nada yang didapatkan berbeda.

Umumnya terumpet yang paling sering ditemui adalah trumpet Bb, namun selain itu ada juga terumpet jenis A, C, D, E, Eb, F dan G. Dalam orkestra Amerika terumpet jenis C lah yang lebih sering dimainkan.

Baca juga : Alat Musik Tradisional Riau

  1. Alat Musik Trombone

Instrumen musik tiup logam lainnya adalah trombone. Trombone sendiri berasal dari bahasa Itali tromba yang berarti terompet dan akhiran -one yang artinya besar, sehingga trombone memiliki makna terumpet besar.

Ketika memainkan trombone, seorang trombonis (orang yang memainkan trombone) mengetarkan bibirnya supaya dapat menghasilkan suara.

Baca juga : Alat Musik Pukul

  1. Alat Musik Harmonika

Alat musik jenis tiup selanjutnya adalah Harmonika. Alat musik ini sangat mudah kita jumpai di manapun. Ia juga tergolong paling mudah dimainkan diantara yang lainnya.

Bahkan seorang pengamenpun bisa memainkannya. Memainkannya hanya dengan ditiup dan dihisap, maka suara yang harmoni akan terbentuk.

Christian Friedrich Buschmann (1821) adalah orang yang menemukanya. Ia membuat sebuah alat musik yang minimalis, terdiri dari plat-plat yang bergetar karena logam yang tersusun rapi secara horizontal.

Saat itu desain harmonika yang ia buat kurang bagus dan hanya terdapat nada tiup kromatis. Namun kini, hal tersebut berubah menjadi nada tiup diatonis.

Baca juga : Alat Musik Tradisional Papua

  1. Alat Musik Tuba

Tuba adalah alat musik tiup yang berukuran paling besar, namun memiliki nada paling rendah diantara alat musik jenis tiup lainnya dalam brass.

Alat musik modern ini muncul pada abad 19 dan sering dipermainkan dalam orkestra dan marching band. Untuk menghasilkan nada yang baik, perlu memperhatikan tekanan bibir dan kecepatan tiupan yang dibuat.

Selain itu panjang dan bentuk pipa juga perlu diperhatikan. Pipa yang didesain dengan bentuk silindris lah yang mampu menghasilkan bunyi dengan baik.

Sama halnya seperti instrumen tiup brass lainnya, Tuba memiliki tiga tombol pengatur nada, yang digunakan pemain untuk menimbulkan nada yang diinginkan.

Baca juga : Alat Musik Modern

  1. Alat Musik Bassoon atau Fagot

Basson (Fagot) merupakan alat musik jenis tiup dari kayu yang memiliki dua bagian yang saling berkesinambungan. Bagian pertama adalah pipa panjang dengan bentuk “U” dan bagian kedua adalah logam berlidah ganda dengan bentuk “S”.

Alat musik ini ikut serta menghasilkan nada-nada rendah. Bentuk Basson yang khas memiliki corong kerucut sepanjang 8 kaki (2.5 m).

Baca juga : Alat Musik Melodis

  1. Alat Musik Melofon

Melofon adalah instrumen musik tiup yang memiliki 3 tombol, yang memosisikan nada pada kunci F atau E♭. Alat musik ini digunakan sebagai instrumen musik brass tengah pada marching band, drum corp atau bugle corp.

Karena pada marching band posisi alat musik ini digunakan untuk menggantikan French horn.

Posisi fingering-nya sama seperti posisi terumpet, alto (tenor) horn, dan sebagian besar instrumen brass berkatup lainnya.

Melofon biasa digunakan pada acara konser luar ruangan karena bentuk corongnya yang menghadap ke depan sehingga suara yang dihasilkan dapat sesuai dengan arah pemain.

Baca juga : Alat Musik Tradisional Maluku

  1. Alat Musik French Horn

Alat musik jenis tiup berbahan dasar logam satu ini memang tergolong unik. Bentuknya menyerupai keong dan cara memainkannya selain ditiup adalah dengan memasukkan kepalan tangan kita ke corongnya. Biasanya ia dimainkan dalam pertunjukkan musik klasik dalam sebuah orksestra.

Baca juga : Alat Musik Tradisional Jawa Timur

  1. Alat Musik Bariton

Bariton adalah salah satu alat musik jenis tiup yang terbuat dari logam. Instrumennya terdiri dari pipa silindris bebrbentuk terumpet dan trombone.

Umumnya Bariton menggunakan resonator berukuran besar layaknya resonator pada trombone dan eufonium, dengan nada dasar yang digunakan ialah B♭ setingkat lebih rendah dari nada dasar B♭ terumpet.

Itulah 12 alat musik jenis tiup modern yang kerap dipakai dalam berbagai pertunjukkan seni. Masing-masing memiliki keunikan suaranya sendiri sehingga menggunakannya harus menyesuaikan kebutuhan ansambel.

Selain digunakan bersamaan dengan alat musik lain supaya menghasilkan suara yang harmoni, alat musik tiup di atas, seperti harmonika, saksofon, flute juga bisa digunakan sendiri untuk pertunjukkan musik solo. Tentu tidak kalah indah alunan simfoni yang dimainkannya.

Baca juga : Alat Musik Tradisional Jawa Barat