Ini Dia 8 Genre Musik yang Menggunakan Alat Musik Modern

Alat Musik Modern – Kehadiran musik modern pada akhir peradaban musik klasik memberikan perubahan besar bagi ranah industri musik.

Suatu musik bisa dikatakan sebagai musik modern jika memakai tangga nada diatonis dan menggunakan alat musik modern elektronik dan akustik.

Sentuhan teknologi juga ikut mempengaruhi pembentukan musik modern. Contohnya adalah dengan menambahkan efek-efek suara buatan dari alat elektronik atau program komputer.

Musik modern atau juga disebut musik populer tidak bisa didefinisikan dengan mutlak karena bersifat dinamis, mengikuti perkembangan zaman.

Karena sifat dinamis inilah yang membuat musik modern mampu diterima semua kalangan. Musik modern bermacam-macam, namun sekarang kita akan membahas delapan jenis musik modern mulai dari Pop, Jazz, Blues, RnB, Rock, Metal, Rap dan Tekno. Berikut informasi lengkapnya.

Macam-Macam Alat Musik Modern

Alat Musik Modern

Alat Musik Modern

Alat Musik Pop

Musik pop adalah aliran musik yang dikenal luas oleh pendengarnya dan bersifat komersil. Kata pop sendiri merupakan singkatan dari kata populer.

Musik pop memiliki ciri khas easy listineng, karena memiliki karakter lirik yang mudah diucap, harmoni dan melodi yang simple dan mudah dipahami. Kebanyakan inspirasi sebuah musik pop berasal dari hal-hal yang viral.

Jenis musik ini berkembang untuk pertama kalinya di Amerika Serikat pada tahun 1920-an. Thomas Edison adalah orang yang membuat rekaman untuk pertama kalinya.

Perkembangan musik pop di Indonesia ditandai dengan hadirnya grup musik Koes Ploes pada tahun 1970-an.

Musik pop memiliki jenis yang beragam, yakni pop standar, pop kreatif dan pop balada. Musik pop standar adalah jenis musik pop yang selama ini telah kita kenal.

Memiliki gaya lirik yang mudah dipahami, variasi tempo dan harmoninya tidak rumit dan mudah untuk disenandungkan.

Musik pop kreatif memiliki keunikan pada ritme, melodi, dinamik dan instrumennya. Sedangkan musik pop balada sekilas terdengar mirip dengan musik pop standar namun memiliki keunikan pada jenis temponya yang lambat atau sedang dan lirik yang cenderung ekspresif.

Baca juga : Alat Musik Melodis

Alat Musik Jazz

Salah satu musik yang terkenal berkelas adalah musik jazz. Musik ini berkembang dari kolaborasi musik blues, ragtime, musik band dan musik Eropa.

Alat musik modern yang mengiringi jenis musik ini adalah gitar, drum set dan beberapa instrumen brass seperti saksofon, trombon, trombone dan terompet.

Musik jazz memiliki keunikan seperti memasukan unsur vokal sebagai instrumen musik, harmoni yang sulit dan sering terjadi modulasi akibat range tone yang meluas. Musik ini juga cenderung melakukan improvisasi pada ritme dan melodinya.

Musik jazz juga memiliki beberapa kategori, yaitu smooth jazz, fusion jazz, dan acid jazz. Smooth jazz merupakan bentuk jazz yang sering dipadukan dengan jenis musik R&B. Jenis jazz ini merupakan cikal bakal fusion jazz.

Fusion jazz atau disebut sebagai jazz rock merupakan bentuk pengembangan dari smooth jazz yang menggunakan teknologi canggih, MIDI (Music Instrument Digital Interface).

Jenis jazz ini sendiri merupakan cabang dari jazz mainstream yang didalamnya terdapat pencampuran musik rock dan funk.

Pencampuran kedua aliran musik tersebut dalam musik jazz memberikan energi-energi yang dapat menambah harmonisasi dan kebebasan berimprovisasi.

Fusion jazz menggunakan instrumen musik modern seperti gitar elektrik, bass elektrik dan synthesizer sebagai pengganti saksofon, terompet dan bass betot.

Terakhir adalah Acid jazz yang dikenal sebagai jazz klub. Terkenal sebagai jenis musik yang  menyampurkan musik-musik beraliran soul, funk dan disko.

Acid jazz berkembang antara tahun 1980-1990 di sebuah klub malam Inggris Selatan oleh DJ Gilles Peterson. Namun Chris Bangs lah yang malah dikenal sebagai pencipta istilah acid jazz pada tahun 1987.

Baca juga : Alat Musik Tradisional Maluku

Alat Musik Modern Rap

Salah satu aliran musik yang merupakan unsur dari aliran musik hip-hop adalah musik Rap. Selain menggunakan instrumen musik modern, aliran musik ini juga mengandalkan kemampuan teknik vokal rapper yang melafalkan kalimat dalam sebuah lagu dengan sangat cepat.

Dalam memainkannya seorang rapper bisa diiringi oleh seorang DJ maupun band.

Alat Musik Modern Blues

Aliran musik yang menggunakan alat musik modern dan vokal sebagai elemennya ini berasal dari Amerika Serikat. Musik blues ini adalah musik kerohanian yang muncul pada kelompok-kelompok mantan budak Afrika yang tinggal di Amerika.

Musik blues sarat akan kesan sedih nan melankolis. Aliran musik ini sering  menggunakan chord pentatonic (pentatonic scale).

Baca juga : Alat Musik Tradisional Jawa Timur

Alat Musik Modern RnB

Sudah tau belum kalau RnB itu merupakan singkatan dari Rhythym and Blues? Aliran musik ini adalah produk kolaborasi antara musik blues, jazz, pop dan gospel.

RnB pertama kali diperkenalkan oleh orang Afrika di tahun 1940-an. Karena musik ini tergolong easy listening maka mudah sekali diterima oleh berbagai kalangan.

Musik RnB terus berkembang hingga saat ini dan kerap berkreasi agar tetap diminati. Jenis musik ini juga acap kali digabungkan dengan musik hip-hop dan musik lainnya supaya terdengar lebih modern.

Instrument musik modern yang digunakan untuk memainkan musik RnB ini adalah saksofon tenor, bass, drum dan piano.

Baca juga : Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Alat Musik Modern Rock

Aliran musik modern ini merupakan salah satu yang memiliki irama keras. Rock sendiri bermula dari aliran musik rock n roll yang muncul pada tahun 1950 di Amerika Utara.

Pada tahun yang sama aliran musik rock n roll setara dengan musik hitam R&B. Perlahan musik ini mendominasi pada tahun 1955 dan terus menguat menjadi aliran musik rock yang solid pada tahun 1959.

Memasuki awal tahun 1970-an musik rock berkembang pesat. Aliran ini jadi memiliki beberapa jenis karena bercampur dengan aliran musik lainnya.

Seperti dengan aliran musik folk, sehingga menjadi folk rock. Aliran musik blues, sehingga menjadi blues rock. Begitu pula dengan aliran musik jazz sehingga menjadi jazz rock atau fusion jazz.

Pada tahun 70-an, musik rock bertumbuh menjadi berbagai subgenre seperti glam rock, soft rock, hard rock, progressive rock, punk rock, metal dan heavy metal.

Untuk membedakannya aliran musik rock yang murni memiliki ciri-ciri area nada yang luas, dinamika aransemen yang kuat, liriknya yang ekspresif dan harmoninya sangat rumit.

Baca juga : Alat Musik Tradisional Jawa Barat

Alat Musik Modern Metal

Aliran musik satu ini tidak jauh berbeda dengan musik rock, karena memang berkembang dari situ pada tahun 1970-an. Musik metal memiliki ciri khas tempo yang cepat, terkesan lebih kencang, keras dan memasukkan teriakan vokal sebagai instrumen. Musik metal terdiri dari beberapa jenis yakni heavy metal dan black metal.

Baca juga : Alat Musik Harmonis

Alat Musik Modern Techno

Aliran musik techno adalah aliran musik yang mengusung tema futuristic. Musik ini juga sering diperdengarkan pada klub-klub malam.

Biasanya aliran musik ini dimainkan oleh seorang DJ (Disk Jokey). Aliran musik jenis ini tidak bisa dimainkan penuh dengan alat musik tradisional karena dalam mengaransemennya dibutuhkan alat musik elektronik seperti MIDI.

Aliran musik modern memang beragam dan mulai berkembang semenjak tahun 1930-an hingga sekarang. Karena sifatnya yang modern maka aliran musik ini tidak lagi menggunakan alat musik tradisional sebagai instrumennya.

Aliran musik di atas menggunakan alat musik modern sebagai instrumen utama mereka dengan menambahkan teknologi komputerisasi.

Baca juga : Alat Musik Tradisional Aceh