21+ Alat Musik Harmonis Tradisional dan Modern yang Ada di Indonesia

Alat Musik Harmonis – Alat musik ialah suatu instrumen yang sengaja dibuat dan dimodifikasi untuk menghasilkan nada yang selaras.

Berdasarkan fungsinya, musik dibagi dalam 3 jenis yaitu alat musik melodis, alat musik ritmis, dan alat musik harmonis. Alat musik melodis memiliki fungsi dalam memainkan melodi utama pada sebuah lagu.

Alat musik ritmis yang berfungsi untuk mengatur tempo pada sebuah lagu. Terakhir yaitu alat musik jenis harmonis yang berfungsi untuk menyusun dan memainkan akord sehingga musik menjadi selaras dan enak saat didengar.

Fungsi Alat Musik Harmonis

fungsi alat musik Harmonis ialah sebuah alat musik yang akan digunakan dalam sebuah irama atau lagu mampu memperindahnya dengan menjadi pengiring dari sebuah melodi.

Alat musik harmonis dibedakan menjadi 2 jenis alat yaitu alat musik harmonis tradisional dan modern.

Contoh alat musik harmonis modern adalah recorder, pianika, biola, gitar dll. Contoh alat musik harmonis tradisional adalah trigon, gambus, sasando, sampek, kecapi, dll.

Alat musik jenis harmonis bukan hanya berasal dari alat musik modern saja, namun alat musik tradisional pun memilikinya, yaitu sebagai berikut.

Alat Musik Harmonis Tradisional

Alat musik tradisional adalah berbagai alat musik yang berkembang dan digunakan secara turun temurun pada setiap daerah.

Alat musik tradisional biasanya digunakan oleh masyarakat sebagai musik pengiring lagu adat dan tarian adat. Terdapat 5 jenis alat musik yang masuk dalam kelompok alat musik jenis harmonis, yaitu sebagai berikut.

Alat Musik Bonang

Alat musik jenis harmonis tradisional yang pertama yaitu bonang, merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa.

Alat musik bonang biasanya dimainkan dalam setiap pagelaran gamelan Jawa, serta dimainkan bersama alat musik gong dan kendang. Alat musik bonang memiliki peran yang cukup penting sebagai penguat melodi pada lagu.

Alat musik bonang berbentuk seperti pot yang bulat dan memiliki tonjolan di bagian tengah. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat yang pada ujung tongkat dilapisi kain atau karet.

Pelapisan ujung tongkat ini bertujuan agar musik yang dihasilkan lebih halus dan enak didengar.

Baca juga : Alat Musik Tradisional Aceh

Alat Musik Kolintang

Alat musik tradisional jenis harmonis selanjutnya yaitu kolintang, merupakan alat musik yang berasal dari Sulawesi Utara.

Alat musik ini terbuat dari balok kayu yang dibentuk dan disusun sesuai tangga nada. Alat musik kolintang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan pemukul berbahan kayu.

Alat musik tradisional jenis harmonis selanjutnya yaitu angklung, merupakan alat musik yang berasal dari provinsi Jawa Barat.

Alat musik angklung dimainkan dengan cara digoyangkan atau dipukul. Alat musik ini terbuat dari pipa bambu yang telah dipotong pada bagian ujungnya. Terdapat 3 teknik dasar dalam memainkan alat musik ini, yaitu kurulung, centok, dan tengkep.

Alat Musik Sampek

Alat musik tradisional sampek atau sampe merupakan alat musik yang berasal dari suku Dayak. Alat musik ini menggunakan senar atau dawai sebagai sumber bunyinya yang dimainkan dengan cara dipetik.

Alat musik sampek ini dibuat dari bahan kayu pilihan, kayu yang dipilih biasanya memiliki kualitas yang baik seperti kayu udau, kayu pelantan, dan lain sebagainya.

Jenis kayu yang biasanya dipilih dalam pembuatan alat musik sampek ini memiliki karakteristik yang kuat, keras, tidak mudah rusak, tidak mudah pecah, dan tahan lama.

Biasanya alat musik sampek memiliki pengaturan yang berbeda setiap orang, hal ini disesuaikan dengan perasaan pemain.

Alat musik tradisional jenis harmonis selanjutnya yaitu sasando, merupakan alat musik yang berasal dari Nusa Tenggara Timur, tepatnya berada di pulau Rote. Alat musik sasando ini dimainkan dengan cara dipetik dengan dua tangan.

Alat musik sasando ini dibuat dari anyaman daun lontar sebagai resonator dan bambu sebagai tempat untuk membentangkan dawai.

Baca juga : Alat Musik Gesek Tradisional

Alat Musik Angklung

Angklung ialah alat musik yang berasal dari Jawa Barat, alat musik ini ialah alat musik yang lumayan terkenal di Indonesia ataupun di Manca Negeri sebab banyak orang Indonesia yang mengenalkan alat musik ini ke luar Negara.

Angklung merupakan alat musik harmonis yang dibuat dari bambu yang dipotong pada dimensi tertentu sehingga menciptakan nada yang di idamkan.

Angklung umumnya dimainkan oleh banyak orang yang dibunyikan secara bergantian disesuaikan dengan nada akan dibunyikan, sebab pada dasarnya satu buah Angklung cuma mempunyai satu buah nada saja.

Tidak hanya dimainkan oleh banyak orang Angklung juga bisa dimainkan secara personal ialah dengan metode menggantungkannya pada suatu gawang.

Walaupun angklung ialah alat musik tradisional tetapi alat musik ini juga biasa dimainkan bertepatan dengan alat musik modern yang lain.

Alat Musik Celempung dan Siter

Celempung dan Siter ialah alat musik petik yang berasal dari jawa yang dimainkan pada Gamelan Jawa.

Walaupun metode memainkannya dengan metode yang sama ialah dengan metode dipetik tetapi bunyi yang dihasilkan antara Celempung dan Siter sangat berbeda, Celempung umumnya disetel satu okaf dari Siter.

Perbandingan yang lain ialah pada jumlah senarnya, Celempung cuma mempunyai 11 senar sebaliknya Siter mempunyai 13 senar.

Baca juga : Alat Musik Jawa Tengah

Alat Musik Gambus

Gambus ialah alat musik petik yang berasal dari Wilayah Riau, alat musik Gambus ialah alat musik yang mengadopsi alat musik yang berasal dari Arab ialah alat musik Angkatan laut(AL)’ ud.

Pada zaman dahulu warga Riau memaikan secara perorangan oleh para nelayan untuk dibuat hiburan pada saat mencari ikan, dipada saat ini alat musik Gambus banyak dimainkan bagaikan pengiring Zapin.

Alat Musik Kecapi

Alat musik kecapi tentu tidak asing lagi di untuk kamu, alat musik ini sempat dijadikan bagaikan foto pada salah satu mata duit Indonesia.

Alat musik kecapi ialah alat musik harmonis yang berasal dari Wilayah Jawa Barat, alat musik ini dimainkan dengan metode dipetik pada bagian dawainya.

Kecapi mempunyai tangga nada sebanyak 5( pentasionis), ialah bernama: Da, Mi, Na, Ti dan La. Umumnya alat musik kecapi dimainkan bertepatan dengan alat musik seruling pada sesuatu pertunjukan.

Baca juga : Alat Musik Kalimantan Timur

Alat Musik Rebab

Rebab merupakan alat musik harmonis yang diperkenalkan oleh Negeri Timur Tengah pada saat melaksanakan perdagangan di Indonesia, alat musik harmonis ini kerap digunakan diberbagai wilayah di Indonesia untuk mengiringi aktivitas adat ataupun bagaikan hiburan.

Rebab ialah alat musik gesek yang metode memainkannya digesek pada dawainya memakai busur, di Wilayah Jawa Barat, Rebab mempunyai 2 hingga 3 senar sehingga bila dimainkan akan menciptakan nada harmonis.

Alat musik Rebab ialah alat musik yang sangat berarti dalam sesuatu tembang ataupun lagu sebab suaranya yang sangat khas dan sangat nyaring, dibanding dengan alat musik yang lain pada gamelan.

Alat Musik Sasando

Alat musik Sasando merupakan alat musik yang berasal dari Rote, Nusa Tenggara Timur( NTT), Metode memainkan Sasando ialah dengan metode memetik 2 hingga 3 dawainya secara bertepatan.

Sasando dibuat dari bambu bagaikan wadah resonansi dan dikelilingi bantalan kayu yang melingkar dari dasar sampai atas bagaikan penyanggah senar,

Untuk jumlah senarnya, Sasando mempunyai bermacam berbagai mulai dari 28 senar sampai 58 senar, apalagi dipada saat ini Sasando banyak terbuat memakai bahan sintetis dan memakai listrik untuk memainkannya, perihal tersebut pasti untuk melindungi eksistensi alat musik tradisional satu ini.

Baca juga : Alat Musik Ritmis

Alat Musik Harmonis Modern

Alat musik modern merupakan alat musik yang telah mendapatkan sentuhan teknologi dalam setiap proses pembuatannya sehingga semakin memudahkan pemain saat memainkannya. Selain alat musik tradisional terdapat alat musik modern yang masuk dalam alat musik harmonis, yaitu sebagai berikut.

Alat Musik Piano

Alat musik modern yang masuk dalam musik harmonis yaitu piano. Piano merupakan salah satu alat musik yang cukup terkenal dan sering dimainkan secara solo, orkestra, maupun dalam pertunjukan band.

Alat musik piano dimainkan dengan menekan tuts yang nantinya akan diteruskan untuk memukul senar, getaran dari senar ini diteruskan ke papan suara.

Alat musik modern yang masuk dalam jenis musik harmonis selanjutnya yaitu gitar, merupakan alat musik yang cukup dikenal dan populer di dunia.

Alat musik ini memiliki bentuk menyerupai angka 8 serta leher panjang dan kepala yang berfungsi sebagai pengatur kekencangan dawai. Alat musik gitar memiliki 6 dawai atau senar yang bahannya terbuat dari nilon atau kawat.

Berdasarkan jenisnya, alat musik gitar terbagi dalam 3 jenis yaitu gitar akustik yang memiliki badan berlubang di bagian tengah sebagai resonansi.

Selanjutnya yaitu gitar listrik atau gitar elektrik, merupakan jenis gitar yang dimainkan dengan bantuan elektrik untuk penguatan suara yang dihasilkan.

Jenis gitar yang terakhir yaitu gitar elektrik 7 senar, merupakan gitar yang biasanya digunakan pada musik dengan genre jazz dan musik rock.

Gitar elektrik 7 senar atau dikenal dengan seven strings ini memiliki standar tunning tersendiri yaitu B-E-A-D-G-B-E.

Baca juga : Alat Musik Bali

Alat Musik Marimba

Alat musik modern yang masuk dalam jenis musik harmonis yaitu marimba, merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul.

Alat musik marimba masuk dalam kelompok instrumen musik perkusi karena merupakan benda yang dapat menghasilkan suara dengan cara dipukul maupun tindakan lain yang dapat membuat objek bergetar dengan atau tanpa alat.

Marimba dibuat dari kayu dengan tambahan pipa yang berfungsi sebagai resonator di bagian bawah balok kayu. Alat musik ini dipukul menggunakan mallet yang telah dilapisi benang maupun karet sehingga menghasilkan suara yang enak didengar.

Marimba memiliki susunan nada yang menyerupai piano, alat ini dimainkan berbagai cara mulai solo hingga orkestra.

Alat musik harmonis selanjutnya yaitu harmonika, merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup atau dihisap.

Harmonika memiliki bentuk yang cukup sederhana yaitu berupa balok dengan lubang-lubang kecil pada salah satu bagiannya. Alat musik harmonika sering dimainkan dalam berbagai jenis musik seperti solo, ansambel, dan lain sebagainya.

Alat musik modern yang masuk dalam jenis musik harmonis selanjutnya yaitu harpa, merupakan alat musik yang dimainkan dengan acara dipetik.

Alat musik iharpa dapat dimainkan menggunakan tangan serta dapat dimainkan dengan cara kombinasi antara tangan dan kaki, karena terdapat pedal di bagian bawah.

Alat musik harpa dapat dimainkan berbagai cara, antara lain secara solo, orkestra, dan lain sebagainya. Alat musik ini memiliki ukuran cukup besar yang tingginya antara 60 cm hingga 180 cm.

Selain itu, alat musik harpa juga dilengkapi dengan senar sebanyak 22 hingga 47 senar. Alat musik ini terdiri dari 3 bagian utama, yaitu papan suara, leher, dan senar.

Alat musik harmonis merupakan alat musik yang berfungsi sebagai penyelaras sebuah lagu, sehingga akan menghasilkan lagu yang enak didengar.

Selain alat musik modern, ternyata alat musik tradisional juga memiliki alat musik jenis harmonis yang bertujuan sebagai pengiring dari melodi dan nada untuk menghasilkan sebuah lagu adat yang enak didengar.

Baca juga : Alat Musik Betawi

Alat Musik Biola

Biola merupakan alat musik yang lumayan populer di bermacam belahan dunia, tidak hanya sebab wujudnya yang unik, alat musik modern ini menciptakan suara yang sangat indah, tidak tidak sering banyak orang cuma mau mendengar suara biola saja ialah dimainkan secara tunggal

Biola cuma mempunyai 4 senar saja yang mempunyai kunci G- D- A- E dan disetel secara apik sehingga menciptakan bunyi yang berbeda- beda, ada juga nada dasar dari Biola ialah diawali dari Gram.

Alat Musik Cello

Sahabat tidak asing lagi dengan alat musik jenis ini, memang sekilas Cello memanglah nyaris menyamai dengan Biola sebab memanglah alat musik ini masih satu keluarga dengan Biola tetapi ukurannya jauh lebih besar dari Biola, Cello juga kerap diucap Violocello.

Alat musik harmonis satu ini sangat tidak sering dimainkan di Indonesia sebab suara yang dihasilkan dari Cello kurang sesuai dengan musik- musik tradisonal dari Indonesia, walaupun tidak sering dimainkan di Indonesia alat musik satu ini sangat kerap dimainkan di Eropa dalam tiap pementasan musik klasik.

Sebab ukurannya lumayan besar alat musik ini umumnya dimainkan dengan metode diletakkan di Lantai dan digesek dalam kondisi berdiri.

Baca juga : Senjata Tradisional Aceh

Alat Musik HarGitar

Alat musik modern satu ini nyaris seluruh orang mengetahuinya, Gitar ialah alat musik harmonis yang kerap dimainkan di bermacam pertunjukan pentas musik dari bermacam genre.

Sahabat, perlu Anda ketahui tidak hanya alat musik harmonis gitar juga sering dijadikan sebagai alat musik melodis dengan cara memetik dawainya satu persatu.

Gitar sendiri bisa dibedakan jadi 2 ialah gitar akustik dan gitar listrik. Perlu diketahui, untuk bahan utama pembuat gitar sendiri mulai dari kayu yang dibalut dengan plywood ada ada juga terdapat yang terbuat memakai bahan sintetis.

Alat musik ini mempunyai 6 senar yang dibuat dari bahan nilon ataupun kawat yang disusun dan disetel sampai menciptakan nada yang sangat Indah didengar oleh telinga.

Alat Musik Harmonika

Harmonika merupakan alat musik yang metode memainkannya dengan metode ditiup ataupun di hirup memakai mulut.

Alat musik Harmonika juga mempunyai ruas yang lubangnya pada sisi sampingnya, dan ruas tersebut nyaris berhimpitan sehingga lumayan sulit untuk memainkan alat musik satu ini.

Harmonika kerap dimainkan dalam sesuatu tim band pada tipe musik semacam:

  1. Country
  2. Solo
  3. Ansambel
  4. Tim musik yang lain.

Alat Musik Harpa

Harpa merupakan alat musik modern yang metode memainkannya dengan metode di petik, Harpa sendiri mempunyai jumlah senar sebanyak 22- 47 senar, bergantung dimensi harpa yang dimainkan.

Dimensi Harpa sendiri secara universal mempunyai 3 dimensi ialah kecil yang biasa dimainkan dengan metode dipangku oleh pemain, dimensi lagi yang dapat dimainkan sembari duduk di lantai dan dimensi besar yang dimainkan dengan metode duduk di sofa sehingga Harpa diletakkan di lantai dalam kondisi berdiri.

Walaupun alat musik satu ini memakai senar tetapi metode memainkannya sangatlah berbeda dengan gitar yang salah satu tangan menekan senar dan satunya memetik senar.

Harpa dimainkan dengan metode kedua tangan bersama memetik senar semacam prinsip dasar memainkan Piano.

Alat Musik Keyboard( Kibor)

Keyboard ataupun Kibor merupakan alat musik harmonis modern yang kerap sekali dimainkan diberbagai kegiatan hiburan musik semacam pada saat kegiatan perkawinan maupun pementasan tim band pada sesuatu konser.

Keyboard sendiri mempunyai wujud yang nyaris mirip dengan piano, tetapi sebab Keyboard seluruhnya terbuat dengan menggunakan teknologi elektronik sehingga alat musik satu ini dapat memainkan bermacam suara semacam trompet, gendang, piano dan masih banyak lagi suara yang dapat dihasilkan dari Keyboard.

Alat Musik Pianika

Pada saat di sekolah dasar bisa jadi kita sempat dianjurkan oleh guru untuk memainkan Pianika bagaikan muatan lokal ilmu seni dan budaya.

Pianika merupakan alat musik yang metode memainkannya dengan metode ditiup dan tekan, Pianika sendiri wujudnya nyaris menyamai dengan piano, tetapi ukurannya jauh lebih kecil dibanding dengan dimensi piano.

Alat Musik Recorder

Alat musik Recorder juga kerap dijarakan pada saat kita duduk di bangku sekolah. Alat musik ini sekilas mirip dengan suling tetapi yang membedakan merupakan Recorder mempunyai lubang untuk jempol yang posisinya bertentangan arah dari 7 lubang yang terletak dibagian atas.

Recorder sendiri dibuat dari bahan sintetis yang bisanya mempunyai corak putih.

Alat Musik Saxophone

Saxophone merupakan alat musik modern yang metode memainkannya dengan metode ditiup dan tekan pada tuts nya untuk menciptakan suara cocok nada yang di Mau.

Alat musik ini umumnya dibuat dari kuningan yang berupa semacam corong melengkung kebawah. Umumnya alat musik ini kerap dimainkan pada tipe musik jazz.

Alat Musik Viola

Banyak orang yang menyangka pada saatu alat musik Viola sama dengan alat musik Biola, sementara itu kedua alat musik ini sangat berbeda, tidak hanya dimensi Viola yang lebih kecil nada yang dihasilkan Viola juga lebih rendah ialah C- G- D- A.