7 Alasan Penting Kenapa Harus Menguasai Bahasa Jerman

Alasan Belajar Bahasa Jerman – Jerman memiliki bahasa yang menarik untuk dipelajari. Bahasa negara ini masuk dalam kategori 15 bahasa Germania, salah satu cabang rumpun bahasa Indoeropa atau Indogermania.

Sekitar 90-130 juta orang di Jerman, Swiss, Luksemburg, Austria, Belgia, Itaia dan Liechtenstein menggunakan bahasa ibu satu yaitu bahasa Jerman.

Studi pada tahun 2015 “Deutch als Fremdsprache Weltweit” yang artinya Bahasa negara Jerman Sebagai Bahasa Asing di Dunia menyatakan bahwa sebanyak 15,4 juta orang telah belajar bahasa tersebut sebagai bahasa asing kedua setelah bahasa Inggris.

Sedangkan ada lebih dari 100 juta orang yang secara aktif menggunakan bahasa tersebut.

Dengan demikian, mempelajari bahasa asing terutama bahasa negara Jerman tentu akan membawa manfaat yang banyak untuk pengembangan keterampilan diri.

Menguasai bahasa asing seperti sudah menjadi keharusan jika Anda ingin bersaing di dunia global.

Alasan Belajar Bahasa Jerman

Alasan Belajar Bahasa Jerman

Alasan Belajar Bahasa Jerman

Lalu, apa alasan Anda harus menguasai bahasa negara Jerman? Berikut ulasannya.

Terbukanya Kesempatan Belajar di Jerman

Jerman selalu menjadi rujukan untuk melanjutkan pendidikan karena kualitasnya yang baik, apalagi untuk pendidikan di bidang teknik.

Banyak sekali agensi beasiswa luar negeri yang menyarankan kliennya untuk mengambil pendidikan di sana. Jika Anda sudah menentukan untuk melanjutkan studi magister atau doktor di Jerman, maka pelajari dahulu bahasanya.

Supaya kegiatan belajar mengajar anda lancar.

Dengan mempelajari bahasanya, kesempatan Anda untuk melanjutkan studi di Jerman akan semakin lebar. Kegiatan belajar mengajar Anda pun akan semakin lancar.

Apalagi pemerintah Jerman sering sekali membuka program pertukaran pelajar dan beasiswa gratis,terutama di Indonesia. Tentu program tersebut akan mudah didapat jika Anda mampu berbahasa Jerman.

Di Indonesia sendiri Anda tidak perlu bingung untuk mahir berbahasa Jerman, karena Pemerintah Federal Jerman melalui Kementrian Luar Negerinya telah berusaha untuk mensosialisasikan bahasa negara tersebut dengan menjaring mitra di sekolah-sekolah yang diberi nama program “Schulen : Partner der Zukunft (PASCH)”. “Yang artinya Sekolah : Mitra Menuju Masa Depan” oleh Goethe-Institut.

Baca juga : Cara Belajar Bahasa Jepang

Belajar Bahasa Jerman Kemudahan Memiliki Peluang Karier di Jerman

Selain pendidikannya yang bagus, Jerman juga dikenal dengan raksasa industrinya. Bermacam-macam industri terkenal dunia berdiri di sana. Jerman menjadi surganya ribuan perusahaan internasional.

Dintara sekian banyak, otomotif salah satunya. Merk mobil-mobil ternama seperti Porsche, BMW dan Audi diproduksi di Jerman.

Karena merk-merk ini sudah terkenal di seluruh dunia, maka bisa dipastikan industri ini akan menyedot banyak tenaga kerja. Tidak menutup kemungkinan mereka menerima tenaga kerja asing.

Maka dari itu jika Anda ingin menjadi bagian dari salah satu perusahaan otomotif ternama di Jerman, ada baiknya anda mempersiapkan diri dengan menguasai bahasa Jerman.

Pemerintah Jerman tentu tidak akan berlaku semena-mena terhadap tenaga kerja lokalnya. Untuk itu pasti mereka akan memikirkan hal-hal yang dianggap adil bagi tenaga kerja asing maupun lokal.

Sementara Anda mempelajari bahasanya Anda bisa sambil mencari informasi seputar kultur perusahaan dan persyaratan-persyaratan lainnya yang harus dipenuhi.

Baca juga : Bahasa Jawa

Berkesempatan Mencicipi Penghasilan yang Tinggi

Jika tadi kita membahas tentang peluang karier di Eropa, khususnya negara Jerman. Kali ini kita akan bahas keuntungannya jika Anda mempelajari bahasa negara Jerman meskipun anda bekerja di Indonesia.

Sebagaimana yang sudah diketahui menguasai bahasa asing memberi nilai tambah pada curriculum vitae Anda ketika akan melamar pekerjaan.

Selain membuat Anda menjadi lebih mudah diterima bekerja, mempelajari bahasa negara Jerman dapat meningkatkan pendapatan Anda.

Contohnya jika Anda adalah seorang sales marketing perusahaan alat berat atau ekspor impor dan harus berhadapan dengan klien dari Eropa. Lalu anda dapat berkomunikasi lancar dengan mereka tentu pendapatan anda akan naik.

Anda bisa dengan mudahnya melakukan transaksi kesepakatan kerja atau jual beli.

Berdasarkan The Economist, selain bahasa Inggris, bahasa negara Jerman memang terkenal ideal untuk dipelajari oleh kalangan pebisnis atau oleh karyawan yang perusahaanya kerap berhubungan dengan pebisnis Eropa. Menyusul bahasa Mandarin, Arab, Spanyol dan Prancis.

Baca juga : Bahasa Belanda

Alasan Belajar Bahasa Jerman Lingua Franca Uni Eropa

Kita semua tahu bahwa bahasa Internasional nomer satu di dunia adalah bahasa Inggris. Bahasa ini paling banyak digunakan mengikuti peringkat selanjutnya bahasa Mandarin, Spanyol, Itali dan lain-lain.

Namun di Eropa sendiri, bahasa Jerman mengalahkan kekuatan bahasa Internasional. Mayoritas penduduk Eropa acap kali menggunakan bahasa dari negara Jerman.

Itulah mengapa bahasa ini masuk kategori lingua franca. Lingua franca adalah bahasa pengantar atau bahasa pergaulan yang digunakan di suatu daerah oleh banyak penutur yang berbeda bahasa.

Kurang lebih sebanyak 90 juta penutur di Eropa menggunakan bahasa negara Jerman sebagai bahasa sehari-hari. Hal ini karena letak Negara Jerman yang dikelilingi oleh banyak negara.

Seperti negara Hungaria, Polandia, Denmark, Austria, Swiss dan lain-lain. Faktor lainnya adalah Jerman yang pernah menguasai daratan Eropa kecuali Britania Raya.

Karena bahasa ini menjadi bahasa pergaulan, maka jangan heran jika anda menemukan banyak restoran di negara sekeliling Jerman yang menerjemahkan menu mereka ke dalam bahasa tersebut.

Baca juga : Bahasa Batak

Bahasa Ilmiah Kedua Setelah Bahasa Inggris

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bahasa Inggris adalah bahasa Internasional. Dimana bahasa ini dipakai tidak hanya pada percakapan sehari-hari tetapi juga pada sastra, ilmu pengetahuan, jurnal-jurnal ilmiah, paper, artikel ilmiah dan sebagainya. Begitu pula dengan bahasa negara Jerman.

Pada jejaring kerjasama internasional dan lintas multidisiplin ilmu tingkat global, bahasa negara Jerman masih sering digunakan.

Ilmu pengetahuan dan penelitian menempati posisi yang kuat dalam kehidupan masyarakat Jerman. Itulah mengapa bahasa negara ini harus dipelajari karena turut berperan dalam pendistribusian ilmu pengetahuan dan penelitian di dunia.

Baca juga : Bahasa Banjar

Sarana Memahami Filsafat, Sastra dan Seni

Apakah Anda pecinta filsafat, sastra dan seni? Kalau begitu Anda harus mempelajari bahasa negara Jerman. Lantaran banyak filsuf, sastrawan dan seniman terkenal menggunakan bahasa ini untuk mengutarakan pemikirannya.

Mereka adalah Kafka, Goethe, Mozart dan Freud. Dengan mempelajari ideologi mereka pada beberapa literatur, Anda akan lebih mudah memahaminya.

Tidak hanya mendapatkan hal baru dalam ilmu pengetahuan, Anda juga bisa menerapkan pemikiran-pemikiran mereka ke dalam karya Anda, seperti teater, arsitektur, lukisan dan seni terapan lainnya.

Selain itu, bahasa negara Jerman juga banyak memiliki ilmuwan-ilmuwan bersejarah salah satunya Einstein.

Alasan Belajar Bahasa Jerman Kemudahan Berinteraksi Saat Traveling

Eropa seperti menjadi destinasi wisata wajib jika Anda ingin berlibur ke luar negeri. Pasalnya, daya tarik wisata alamnya, arsitekturnya, kebudayaannya dan lingkungannya yang bersih sangat memikat mata.

Selain itu berlibur ke Eropa juga menjadi suatu gengsi tersendiri. Sebagian orang berpendapat jika orang-orang kaya saja yang mampu berlibur ke Eropa.

Atau dengan kata lain, kalau belum kaya Anda tidak akan bisa berlibur ke Eropa. Namun jangan khawatir, sekarang banyak sekali agen tour yang mengemas biaya wisata ke Eropa dengan harga yang murah.

Jika memang dalam waktu dekat Anda ingin berlibur ke Eropa, persiapkan dulu beberapa hal khususnya bahasa.

Karena tidak hanya penduduk negara Jerman, mayoritas penduduk Eropa menggunakan bahasa negara Jerman untuk aktivitas sehari-hari.

Jadi setelah Anda menguasai bahasa tersebut, Anda tidak perlu risau untuk membaca petunjuk jalan, berinteraksi dengan warga setempat atau berkunjung ke restoran untuk mencicipi makanan khas daerah setempat.

Seperti yang sudah diketahui salah satu bahasa yang sering digunakan di dunia adalah bahasa Jerman.

Tidak heran jika sekarang banyak sekolah menengah atas yang mengintruksikan siswanya untuk mempelajari bahasa asing ini.

Nah demikian penjelasan alasan belajar bahasa Jerman mempelajari bahasa ini banyak sekali manfaatnya apalagi untuk kepentingan bisnis.