8+ Aplikasi Pemotong Video Paling Banyak Digunakan

Aplikasi Pemotong Video – Aplikasi pemotong video digunakan untuk memotong video menjadi beberapa bagian.

Aplikasi ini sangat krusial dalam dunia edit video karena memotong video merupakan langkah penting untuk membuat video. Sehingga, beberapa bagian yang tidak diinginkan dapat dibuang.

Oleh karena itu, video yang dihasilkan akan lebih maksimal karena kecacatan dalam video dapat diminimalisir.

Aplikasi Pemotong Video Untuk Android

1. Aplikasi Editor Video

Aplikasi Editor Video

Aplikasi Editor Video

Editor Video merupakan aplikasi yang dapat didownload di google play secara gratis. Aplikasi ini berukuran sekitar 23 MB meskipun berukuran yang relatif kecil aplikasi ini dapat digunakan untuk memotong video menjadi dua klip terpisah.

Sehingga untuk membuang bagian video yang tidak diinginkan Anda memerlukan 2 – 3 kali kerja yaitu memotong kemudian menyatukan video tersebut.

Editor Video juga memungkinkan Anda untuk membuat klip menarik dengan menggunakan fitur pangkas video. Anda juga dapat mengurangi ukuran video dengan cara mengopresnya hingga 90% tanpa mengurangi banyak kualitasnya.

Aplikasi yang mempunyai rating 4.7/5.0 dan telah didownload oleh 10 juta pengguna ini mendukung beberapa format video seperti, avi, mp4, 3gp, dll.

2. Aplikasi YouCut

Aplikasi YouCut

Aplikasi YouCut

Aplikasi yang diluncurkan pada 15 oktober 2014 oleh InShot inc ini dapat digunakan untuk memotong video di android dengan mudah. Bahkan, Anda juga dapat menambahkan musik pada video yang Anda buat sehingga lebih menarik.

YouCut juga dapat digunakan untuk menggabungkan video yang baru saja Anda potong. Anda juga dapat mengkonversi video Anda ke file MP4.

Keunggulan lain dari YouCut adalah video yang dihasilkan dengan menggunakan aplikasi ini tidak memiliki watermark sehingga Anda dapat mengupload video tersebut di media sosial Anda tanpa ragu.

Anda bisa langsung membagikan video yang Anda edit dengan aplikasi ini kepada teman-teman Anda di instagram, facebook, twitter, dan youtube langsung dari aplikasi ini.

3. Aplikasi KineMaster

Aplikasi KineMaster

Aplikasi KineMaster

KineMaster dapat digunakan untuk memotong video. KineMaster dapat didownload di android secara gratis. Sistem timeline yang dimiliki oleh KineMaster membuat Anda dapat menambahkan video di tengah video yang Anda buat tanpa memotong kemudian menyambungnya seperti yang digunakan oleh aplikasi pemotong video lain.

KineMaster juga memiliki toko aset yang menyediakan klip, video, font, stiker, transisi, untuk mempercantik video Anda. Toko aset yang dimiliki KineMaster juga diperbarui setiap minggunya.

Selain itu, dalam KineMaster juga terdapat fitur lain yaitu Anda bisa menambahkan teks ke dalam video yang Anda buat serta menambahkan beberapa efek yang membuat video Anda lebih menarik.

Aplikasi pemotong video besutan KineMaster Corporation ini telah diulas sebanyak 2 juta kali dan berhasil mendapatkan rating 4.4/5.0.

KineMaster juga telah didownload sebanyak 100 juta kali. Aplikasi ini memiliki interface yang bagus. Namun, tedapat watermark yang sangat mengganggu di setiap video yang dibuat menggunakan aplikasi ini.

4. Aplikasi Easy Video Cutter

Aplikasi Easy Video Cutter

Aplikasi Easy Video Cutter

Easy Video Cutter dirilis pada 6 september 2014. Aplikasi ini memiliki beberapa main features yang sangat bermanfaat.

Seperti Cut video yang berfungsi untuk memotong video, menggunakan aplikasi ini sangat mudah namun interface yang ditampilkan cukup membosankan.

Namun, Easy Video Cutter menyediakan fitur marge video yang digunakan untuk menggabungkan video.

Easy Video Cutter dapat digunakan untuk membuang audio yang terdapat dalam video dengan menggunakan mute video.

Selain itu, Anda juga dapat memutar video Anda dengan rotasi 90, 180, 270 derajat. Namun, video yang dihasilkan oleh aplikasi ini terdapat watermark yang tidak dapat dihilangkan. Aplikasi ini sangat direkomendasikan karena fitur yang banyak dan ukuran yang kecil.

5. Aplikasi VidTrim

Aplikasi VidTrim

Aplikasi VidTrim

Seperti namanya VidTrim memang diperuntukkan guna memotong video. Aplikasi ini dapat di download di google play store secara gratis hanya dengan 34 MB saja. Sayangnya, aplikasi ini memiliki rating yang cukup rendah yaitu 4.3/5.0 saja.

Namun, soal performa aplikasi ini tidak bisa diremehkan karena VidTrim bisa digunakan pula untuk mengubah file MP4 menjadi file MP3.

VidTrim juga menambahkan watermark di setiap video yang dihasilkan kecuali, Anda mau mengupgradenya menjadi versi profesional. VidTrim bisa diatur dalam 13 bahasa yang berbeda mulai dari bahasa inggris sampai bahasa arab.

Namun, tampilan interface yang disajikan sangat kuno dan kurang menarik. Wajar apabila rating yang diberikan cenderung kecil dibanding aplikasi lain.

6. Aplikasi Androvid

Aplikasi Androvid

Aplikasi Androvid

Androvid tidak hanya berguna untuk memotong video namun, dapat digunakan untuk editing lebih lanjut. Aplikasi ini menyediakan fitur yang berguna untuk menambahkan musik, efek, teks dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini cenderung berusia tua dibanding aplikasi lain karena sudah dirilis sejak 18 november 2011. Sehingga, aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk memotong video.

Androvid yang biasa digunakan sebagai aplikasi pemotong video memiliki rating 4,4/5,0 karena tampilan yang disajikan biasa biasa saja.

Keunggulan aplikasi ini terletak pada proses pemotongan yang cepat dan tidak merusak kualitas video yang di edit.

Androvid juga tidak membubuhkan watermark pada video yang dihasikanya sehingga ini menjadi nilai tambah tersendiri.

Aplikasi besutan Viscover Ltd ini terakhir kali diupdate pada 26 november yang lalu. Namun, banyak pengguna justru memberikan kritik terhadap versi ini.

Mereka menyebut aplikasi memunculkan terlalu banyak iklan sehingga mengganggu pengguna saat menggunakannya.

Namun, wajar saja karena aplikasi ini dapat didownload secara gratis sehingga pendapatanya didapat dari penjualan iklan.

7. Aplikasi InShot

Aplikasi InShot

Aplikasi InShot

Aplikasi pemotong video ini memiliki bebeberapa fitur tambahan seperti musik, teks hingga emoji yang akan membuat video Anda lebih bagus lagi.

Terdapat pula fitur speed yang digunakan untuk membuat video tampak lebih lambat atau cepat.

Aplikasi ini juga mendukung format video untuk instagram dan youtube dengan dilengkapi background menjadi blur bila ukuran tidak sesuai.

InShot memiliki rating yang tergolong tinggi yaitu 4.8/5.0 serta telah di ulas sebanyak 4 juta kali. Hal tersebut membuat aplikasi ini patut untuk direkomendasikan untuk para pembaca.

Selain itu, interface yang dihadirkan sangat elegan dan sedap dipandang membuat editor betah berlama lama mengedit video dengan menggunakan aplikasi ini. Anda juga bisa menggabungkan foto menjadi video.

8. Aplikasi FilmoraGo

Aplikasi FilmoraGo

Aplikasi FilmoraGo

FilmorGo dibekali dengan tampilan yang dinamis membuatnya memiliki daya tarik tersendiri di mata konsumen. Tools dalam FilmoraGo disusun secara lebih interaktif sehingga editor yang menggunakan aplikasi ini merasa nyaman.

Namun, rating aplikasi ini hanya berkisar 4.1/5.0 saja padahal FilmoraGo sudah berbaikhati tidak menambah watermark pada hasil editannya.

Memotong video menggunakan aplikasi ini tergolong mudah karena hanya dengan beberapa langkah saja Anda dapat melahkukanya dengan baik.

Selain itu, Anda juga dapat menggabung kan beberapa video menjadi satu dengan aplikasi ini. Anda dapat pula menambahkan subtitle pada film kesayangan Anda dengan aplikasi ini.

Apabila Anda ingin membuat video menggunakan potongan gambar, FilmoraGo adalah pilihan tepat. Bahkan, Anda juga bisa membuat transisi antar gambar sekratif Anda serta menambahkan backsound sehingga video Anda lebih keren lagi. Fitur yang dibawa oleh FilmoraGo juga dapat digunakan untuk menambah efek slow motion dan fast motion.