Biografi BJ Habibie : Presiden ke-3 & Bapak Teknologi Indonesia Lengkap

Biografi BJ Habibie – Selain kisah cintanya bersama Ibu Ainun yang merupakan istri sangat dicintai oleh BJ Habibie. BJ Habibie adalah presiden ketiga Republik Indonesia yaitu seorang tokoh yang dikenal karena kecerdasannya. Beliau pernah studi teknik penerbangan dan juga spesialisasi konstruksi pesawat terbang yang berhasil juga merakit pesawat Indonesia pada masa itu juga. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan tentang biografi BJ Habibie berikut ini.

Biografi BJ Habibie

Nama Lengkap adalah Prof. Dr.-Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie

Nama Populer adalah BJ Habibie

Istri adalah Hasri Ainun Besari

Tempat, Tanggal Lahir adalah Pare-pare, 25 Juni 1936

Masa Menjabat Presiden adalah 21 Mei 1998-20 Oktober 1999

Pendidikan adalah SMAK Dago, Bandung, Institut Teknologi Bandung (ITB), RWTH Aachen

Anak adalah Ilham Akbar, Thareq Kemal

Bacharuddin Jusuf Habibie ialah nama lengkap dari BJ Habibie. Beliau lahir pada tanggal 25 Juni 1936 di Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Presiden ketiga Indonesia ini telah menempuh pendidikan SMA di SMAK Dago, Kota Bandung pada tahun 1954. Beliau kemudian melanjutkan pendidikan di ITB (Institut Teknologi Bandung). Namun, hanya beberapa bulan di ITB kemudian Beliau memutuskan untuk mengikuti jejak teman-temannya untuk dapat bersekolah di Jerman.

Namun berbeda dengan yang lainnya, Beliau tidak pernah menggunakan beasiswa dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk dapat melanjutkan kuliahnya di Jerman melainkan dengan menggunakan biaya sendiri dari ibunya yakni R.A. Tuti Marini Puspowardojo.

Mengingat pesan dari Bung Karno tentang pentingnya penguasaan Teknologi yang berwawasan nasional yakni teknologi maritim dan teknologi dirgantara dikala Indonesia waktu itu masih berkembang akhirnya BJ Habibie diberi kesempatan belajar di Negara Jerman.

Pada waktu itu pemerintah Indonesia dibawah Soekarno gencar membiayai ratusan siswa cerdas Indonesia untuk dapat mengemban pendidikan di luar negeri dan menimba ilmu disana. Habibie adalah rombongan kedua diantara ratusan pelajar SMA yang secara khusus dikirim ke berbagai negara. Kemudian Habibie memilih menggunakan jurusan Teknik Penerbangan dengan spesialisasi Konstruksi pesawat terbang di Rhein Westfalen Aachen Technische Hochschule.

Biografi BJ Habibie : Kehidupan Kuliah di Jerman

Pendidikan yang telah ditempuh BJ Habibie diluar negeri bukan pendidikan kursus kilat akan tetapi merupakan sekolah bertahun – tahun sambil kerja praktek. Sejak awal Habibie memang tertarik dengan adanya how to build commercial aircraft bagi rakyat Indonesia yang menjadi ide Soekarno di masa jabatannya. Darisanalah kemudian muncul perusahaan – perusahaan strategis, ada PT PAL dan salah satunya adalah IPTN.

Kemudian ketika BJ Habibie sampai di Negara  Jerman, Habibie mempunyai tekad untuk sungguh – sungguh di perantauan dan harus pulang membawa kesuksesan mengingat jerih payah ibunya yang telah membiayai kuliah dan kehidupan sehari – harinya.

Beberapa tahun kemudian, di tahun 1955 di Aachean, 99% mahasiswa Indonesia yang belajar disana diberikan beasiswa penuh oleh Negara Indonesia pada masa Bung Karno. Hanya beliau yang telah mempunyai paspor hijau atau swasta daripada teman yang lain.

Bagi Habibie yang berada di perantauan, musim liburan bukan liburan bagi beliau justru menjadi kesempatan emas yang harus diisi dengan cara ujian dan juga mencari uang untuk membeli buku. Setelah masa liburan yang sudah berakhir, semua kegiatan dikesampingkan kecuali belajar, belajar, dan belajar.

Berbeda dengan teman – temannya yang lain, mereka lebih banyak menggunakan waktu untuk liburan musim panas untuk bekerja, mencari pengalaman dan uang tanpa mengikuti ujian. Kemudian pada tahun 1960, Beliau mendapat gelar Diploma Ing, dari Technische Hochschule dengan predikat cumlaude (sempurna) yang nilai rata – ratanya yaitu mencapai 9,5.

Dengan gelar insinyur yang sudah didapatkan dan dikantongi kemudian membuat Habibie muda mendaftarkan dirinya untuk bekerja di Firma Talbot yang merupakan sebuah industri kereta api di Negara  Jerman. Kemudian Habibie melanjutkan studinya untuk mendapatkan sebuah gelar Doktor di sebuah fakultas Technische Hochschule Die Facultaet Fure Maschinenwesen Aachen kemudian menikah di tahun 1962 dengan seorang Hasri Ainun Habibie yang kemudian diboyong ke Jerman.

Hidupnya semakin keras di negara Jerman, pada pagi – pagi Habibie harus jalan kaki cepat ke tempat kerjanya yang jauh untuk dapat menghemat biaya hidup kemudian pulang malam hari dan belajar untuk melanjutkan kuliahnya. Memang penuh lika –liku akan tetapi mendapatkan hal yang manis di akhir hidupnya dengan pulang ke Indonesia membuat pesawat Indonesia kemudian menjadi presiden RI tersebut.

Biografi BJ Habibie : Hobi Menunggang Kuda

Habibie mempunyai sebuah kegemaran menunggangi kuda dan juga membaca. Beliau  dikenal cerdas sejak duduk di bangku sekolah dasar, namun Beliau harus kehilangan ayahnya tercinta yang telah meninggal dunia pada 3 September 1950 karena serangan jantung.  Beliau merupakan sosok yang populer sejak sekolah dengan segudang prestasi yang dimilikinya.

Biografi BJ Habibie, Sang Visioner Nan Jenius

Negara Indonesia adalah negara yang kaya. Tak hanya kaya dari segi sumber daya, Indonesia pun juga punya banyak pemuda yang berprestasi dan cerdas dalam segala bidang. Meski begitu, terkadang kurangnya penghargaan akan para anak bangsa nan cerdas ini menjadi kendala bagi mereka untuk mengembangkan diri sehingga memilih mengembangkan diri ke negeri lain.

Dari sekian banyak anak bangsa yang telah berprestasi, pastilah sosok BJ Habibie tidak akan bisa dipisahkan. Biografi BJ Habibie pun banyak dicari karena banyaknya orang yang tertarik akan kisah hidup sang visioner jenius tersebut.

BJ Habibie terkenal karena kecerdasannya yang memang sudah dikenal tak hanya di Indonesia, namun juga di negara lain. Beliau juga pernah menjabat kursi Presiden RI yang ketiga. Kecerdasan BJ Habibie ini pun sudah banyak terbukti yaitu dengan adanya sebuah rumus yang bernama Faktor Habibie dimana rumus ini digunakan untuk menghitung keretakan pesawat dengan akurasi yang tinggi.

BJ Habibie kian disegani karena beliau juga mampu untuk menunjukkan rasa cintanya kepada sang istri yang sudah tervisualisasi dalam sebuah film yang bertajuk Habibi dan Ainun yang dibuat pada beberapa tahun silam. Tidak heran sekali jika kini biografi BJ Habibie banyak dicari untuk lebih mengenal sosok beliau.

Masa kecil BJ Habibie

Biografi BJ Habibie diawali dengan masa kecil beliau. BJ Habibie lahir di Daerah  Pare-Pare yaitu pada 25 Juni 1936 dengan nama Bacharuddin Jusuf Habibie. Ayahnya bernama Alwi Abdul Jalil Habibie adalah seorang ahli pertanian dan berasal dari Gorontalo. Sedangkan sang Ibu bernama R.A.

Tuti Marini Puspowardojo merupakan seorang spesialis mata yang berasal dari Yogyakarta. Habibie adalah anak keempat dari total delapan bersaudara. Habibie juga tumbuh dalam keluarga religius dimana ayah beliau seringkali membacakan ayat suci Al-Qur’an semenjak beliau kecil.

Habibie menyatakan jika ayat suci yang dibacakan ayahnya selalu mampu membuat dirinya tenang. Tak heran jika sang ayah pun kerap membacakan ayat Al-Qur’an untuknya satu sampai dua juz. Kebiasaannya sejak kecil yang sering mendengarkan Al-Qur’an memberikan pengaruh yang positif pada dirinya sehingga ketika Habibie kecil usia 3 tahun, dirinya sudah mampu membaca Al-Qur’an dengan lancar. Sejak kecil memang Habibie sudah dikenal sebagai anak yang cerdas.

Masa Pendidikan BJ Habibie

Membaca biografi BJ Habibie seolah tidak akan lengkap rasanya jika tanpa mengenal latar belakang pendidikan Beliau tersebut. Memasuki usia sekolah, otak Habibie pun kian cerdas. Namun sedihnya dirinya harus ditinggalkan sang ayah ketika usianya masih sangat muda yaitu 14 tahun. Sang ayah meninggal lantaran serangan jantung.

Karena ayahnya selaku kepala keluarga telah meninggal, maka sang Ibulah yang telah menggantikan peran dan berjuang secara ekstra untuk bisa menanggung biaya hidup seluruh anggota keluarga. Pada akhirnya, sang Ibu memutuskan menjual rumah lalu pindah ke Bandung. Habibie muda pun menempuh pendidikannya di SMAK Dago lalu melanjutkan kuliah di ITB yang saat itu bernama Universitas Indonesia Bandung dengan jurusan Teknik Mesin.

Belum selesai kuliahnya di ITB, beliau kemudian mendapat beasiswa dari Mendikbud saat itu untuk bisa melanjutkan pendidikannya di Jerman. Di saat pemerintahan Presiden Soekarno saat itu, pemerintah sedang banyak membiayai para anak bangsa untuk bisa bersekolah ke luar negeri untuk bisa menimba ilmu di sana.

Di antara ratusan pelajar, Habibie saat itu masuk ke rombongan kedua yang khusus dikirim ke negara luar. Di Negara jerman tersebut, Habibie bersekolah di Rhein Westfalen Aachen Technische Hochschule dengan jurusan Teknik Penerbangan spesialisasi Konstruksi pesawat terbang.

Pendidikan Habibie di luar negeri ini bukan kursus yang kilat, namun memang pendidikan bertahun-tahun dan disambi dengan bekerja secara praktik. Awalnya, Habibie hanya tertarik untuk membangun pesawat komersial sesuai ide Presiden Soekarno saat itu yang kemudian memunculkan perusahaan PT PAL dan salah satunya IPTN.

Sampai di Jerman, Habibie memang telah bertekad kuat untuk bisa sukses nantinya karena melihat jerih payah dari sang Ibu dalam membiayai pendidikan hingga kehidupannya. Di tahun 1955, mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di sana diberikan beasiswa penuh dan diantara teman yang lain, hanya Habibie yang memiliki paspor swasta atau paspor hijau.

Biografi BJ Habibie di masa pendidikannya belum selesai begitu saja. Semasa liburannya, beliau menjadikannya kesempatan emas untuk bisa belajar, ikut ujian dan juga mencari uang sehingga bisa membeli buku. Namun jika masa libur habis, maka seluruh kegiatannya dikesampingkan dan hanya fokus pada belajar. Hal ini berbeda dengan teman lainnya dimana ketika libur mereka lebih suka bekerja dan mencari pengalaman tanpa memikirkan ujian.

Di tahun 1960, beliau mampu mendapatkan gelar Diploma Ing di Jerman dari Technische Hochschule dan predikatnya adalah Cum Laude atau sempurna dengan nilainya rata-rata adalah 9,5. Dengan mendapatkan gelar Insinyur ini, beliau pun mendaftarkan diri bekerja di Firma Talbot yang merupakan industri kereta api di Jerman. Saat itu, Firma Talbot tersebut sedang butuh wagon dengan volume yang besar.

Hal ini lantaran wagon itu akan mengangkut barang ringan dengan volume besar. Talbot butuh wagon dengan jumlah 1000 dan mendapati persoalan ini, maka Habibie pun berusaha mengaplikasikan cara konstruksi dalam membuat sayap pesawat terbang lalu diterapkan pada wagon yang ternyata membuahkan hasil.

Biografi BJ Habibie tentang pendidikan beliau berlanjut ke gelar doktornya dimana beliau melanjutkan studi ke Technische Hochschule Die Facultaet de Fuer Maschinenwesen Aachen untuk mendapatkan gelar doktor. Di tahun 1962, BJ Habibie menikah dengan Hasri Ainun Habibie lalu memboyongnya ke Jerman. Hidupnya saat itu begitu sulit dimana beliau seringkali harus berjalan kaki ke tempat kerja yang jaraknya jauh demi menghemat dalam pengeluaran uangnya. Selain itu Habibie pun harus pulang malam padahal tetap harus belajar untuk studinya.

Perjuangan yang sama juga dirasakan oleh sang istri dimana beliau harus mengantri untuk bisa mencuci baju di tempat umum agar bisa menghemat pengeluaran uang. Setelah berjuang dengan pendidikannya, BJ Habibie akhirnya bisa mendapatkan gelar Doktor Ingenieur dari Technische Hochschule Die Facultaet de Fuer Maschinenwesen Aachen dengan nilai summa cumlaude dan rata-rata nilainya adalah 10 sehingga sangat sempurna.

Munculnya Rumus Faktor Habibie

Seperti yang sudah dikemukakan di awal tadi dimana menariknya biografi BJ Habibie ini juga karena ada rumus yang diberi nama Faktor Habibie. Rumus yang satu ini dapat menghitung keretakan hingga ke atom pesawat terbang sekalipun sehingga beliau diberi julukan Mr Crack. Di tahun 1967, BJ Habibie mendapatkan gelar Profesor Kehormatan atau Guru Besar dari ITB. Selain itu, dari ITB juga BJ Habibie mendapatkan penghargaan tertinggi yakni Ganesha Praja Manggala.

Dengan segala kejeniusan yang dimilikinya, tak heran jika beliau mendapatkan banyak pengakuan dari lembaga kelas internasional mulai dari Gesselschaft fuer Luft und Raumfahrt, yakni lembaga penerbangan di Jerman, The Royal Aeronautical Society London yang ada di Inggris, The Academie Nationale de l’Air et de l’Espace dari Prancis, The Royal Swedish Academy of Engineering Sciences dari Swedia dan bahkan The US Academy of Engineering dari Amerika Serikat.

BJ Habibie juga pernah mendapatkan penghargaan yang amat bergengsi yaitu Edward Warner Award serta Award von Karman dimana penghargaan ini hampir setara penghargaan Hadiah Nobel.

Langkah dari sang visioner ini memang banyak dikagumi, namun banyak juga yang jadi kontroversi. Tiap kali BJ Habibie yang juga peraih penghargaan Theodore van Karman Award yang bergengsi ini mengunjungi Jerman, maka beliau tak pernah luput dari pemberitaan di sana.

Jika dilihat lagi, BJ Habibie hanya kuliah di ITB setahun saja lalu 10 tahun melanjutkan pendidikannya ke Jerman lalu bekerja di MBB Gmbh Jerman yang merupakan industri penerbangan terkemuka. Setelah itu beliau kembali ke Indonesia memenuhi panggilan dari Presiden Indonesia, Soeharto saat itu.

Kembalinya BJ Habibie ke Indonesia

Biografi BJ Habibie masih tetap berlanjut setelah beliau kembali ke Indonesia. Di Indonesia sendiri, Habibie kemudian menjabat sebagai Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT selama 20 tahun dan memimpin perusahaan BUMN Industri Strategis selama 10 tahun. Di tahun 1995, beliau berhasil memimpin proyek pembuatan pesawat yang diberi nama N250 Gatot Kaca dimana menjadi pesawat yang dibuat pertama oleh Indonesia.

Pesawat yang dirancang oleh BJ Habibie ini bukanlah pesawat yang dibuat secara asal-asalan melainkan sudah dipikir dan didesain matang dengan ilmu yang dimiliki oleh BJ Habibie. Pesawat yang diciptakannya ini sudah bisa dibilang mampu terbang tanpa oleng berlebihan dengan teknologi canggih dan terdepan kala itu dan bahkan sudah dipersiapkan untuk bisa 30 tahun ke depan.

Untuk melengkapi desain awalnya saja, BJ Habibie butuh waktu selama 5 tahun. Pesawat ini juga menjadi satu-satunya pesawat yang turboprop di dunia dimana menggunakan teknologi Fly By Wire.

Saat itu pesawat N250 Gatot Kaca ini telah terbang hingga 900 jam dan selangkah lagi bisa masuk sertifikasi untuk Federal Aviation Administration. DI zamannya, PT IPTN sudah membangun pabrik pesawat hingga ke Amerika dan Eropa demi bisa menjaring pasaran di negara itu. Meski begitu banyak yang memandang remeh pada pesawat buatan asli Indonesia tersebut. Di bawah komando BJ Habibie, IPTN berhasil mempekerjakan hingga 16.000 orang.

Namun sialnya, ketika IPTN sedang berjaya, justru Presiden Soeharto memerintahkan penutupan IPTN beserta industri strategis lain karena alasan krisis moneter di tahun 1996 sampai 1998. Sebanyak 16.000 karyawan IPTN pun menyebar secara terpaksa ke pabrik pesawat di negara lain demi mencari rezeki di wilayah Brazil, Kanada, Eropa hingga Amerika. Parahnya lagi, justru Indonesia yang membeli pesawat dari negara tersebut. Sungguh disesalkan.

Biografi BJ Habibie di masa jabatan presiden

Setelah IPTN ditutup, BJ Habibie kala itu masih menjadi Menteri Riset dan Teknologi. Beliau kemudian diangkat menjadi Wakil Presiden di tanggal 14 Maret 1998 untuk mendampingi Presiden Soeharto. Namun hanya beberapa bulan setelah beliau menjabat, gejolak politik pun tak bisa terhindarkan dan mencapai puncaknya. Presiden Soeharto yang sudah bertahta di kursi presiden selama puluhan tahun akhirnya lengser dengan pengunduran dirinya pada 21 Mei 1998.

Lengsernya Presiden Soeharto pun secara otomatis menjadikan BJ Habibie secara resmi menggantikannya menempati kursi nomor satu di Indonesia. Beliau menjadi Presiden ketiga di RI. BJ Habibie hanya menjabat sekitar satu tahun saja dimana beliau justru mewarisi kondisi saat Indonesia sedang dalam masa rusuh dan banyak wilayah yang ingin melepaskan diri dari Indonesia. Kondisi Indonesia saat itu memang betul-betul memprihatinkan.

Meski begitu BJ Habibie tetap berusaha untuk membangun kembali Indonesia. Beberapa keputusan penting yang dilakukan adalah dengan lahirnya UU tentang Otonomi Daerah. Beliau pun mampu membebaskan rakyatnya untuk beraspirasi sehingga Indonesia bisa membuat banyak partai politik baru yang muncul. Mata uang Indonesia di mata asing saat itu yang mencapai 15 ribu rupiah per dolar bisa ditekannya menjadi hanya di bawah 10 ribu rupiah saja. Beliau punmampu melikuidasi bank bermasalah kala itu.

Namun BJ Habibie pun dipaksa lengser saat itu setelah adanya sidang umum MPR di tahun 1999. Pidato pertanggungjawaban yang diberikannya ditolak MPR dengan alasan Timor Timur yang lepas dari Indonesia saat itu. Setelah jabatannya lepas, KH Abdurrahman Wahid menjadi Presiden penggantinya. BJ Habibie pun sudah kembali menjadi warga negara Indonesia biasa dan kembali bermukim di Jerman meski sesekali pulang ke Indonesia.

Meninggalnya Sang Istri Tercinta

Setelah kabarnya lama tak terdengar, di tanggal 22 Mei 2010 ada kabar mengejutkan dimana sang istri yang setia mendampinginya yakni Hasri Ainun Habibie telah meninggal dunia di Jerman karena penyakit kanker ovarium yang dideritanya.

Ibu Ainun meninggal di hari Sabtu pukul 17.30 waktu Jerman. Kepastian meninggalnya Ibu Ainun ini diperoleh dari Ali Mochtar Ngabalin selaku mantan anggota DPR yang juga wakil keluarga dari BJ Habibie. Hal ini menjadi duka yang amat mendalam bagi sang mantan Presiden RI itu.

Bagi BJ Habibie, Ibu Ainun adalah segalanya bagi beliau. Beliau pernah berkata jika Ibu Ainun adalah mata untuk bisa melihat hidupnya. Ibu Ainun juga merupakan pengisi kasih di hidupnya baik di kala susah hingga senang sekalipun. Selama 48 tahun menikah, BJ Habibie dan Ainun tidak pernah terpisah.

Ibu Ainun selalu mengikuti kemanapun BJ Habibie pergi dengan rasa sabar dan kasih sayang yang penuh. Bahkan BJ Habibie sendiri tidak tahu menahu akan kanker overium yang diidap oleh sang istri dan hanya tahu 3 hari sebelum Ibu Ainun meninggal lantaran Ibu Ainun tak pernah mengeluh. Betapa terluka hati BJ Habibie saat itu.

Biografi BJ Habibie Dibentuk Dalam Sebuah Film

Perjuangan BJ Habibie sebagai anak bangsa yang selalu berusaha untuk menggapai cita-cita demi kemajuan pembangunan Indonesia memang penuh liku tajam kehidupan. Banyak sekali pengalaman hidupnya yang bisa dijadikan pelajaran mulai dari kerja kerasnya ketika bersekolah di Jerman, perjuangan di kancah politik, hingga cinta setia dan penuh kasihnya bersama sang istri yang tiada tara menjadikan kisahnya sangat layak untuk bisa diketahui seluruh bangsa Indonesia yang dibentuk ke dalam sebuah film bertajuk Habibie dan Ainun.

Film biografi BJ Habibie ini tayang di awal Desember 2012 lalu dengan mengangkat kisah nyata sang visioner beserta romansa kehidupan cintanya yang penuh haru biru dan perjuangan dari mulai remaja hingga Ibu Ainun meninggal dunia. Film yang disutradari oleh Hanung Bramantyo dan Faozan Rizal ini dibintangi artis papan atas Indonesia Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari. Film ini berhasil menarik penonton hingga berjumlah 4,5 juta lebih sehingga menjadi salah satu film Indonesia terlaris sepanjang masa.

Itulah sedikit penjelasan tentang biografi BJ Habibie, Presiden ketiga Negara Indonesia. Biografi BJ Habibie termasuk biografi tokoh paling laris dalam sejarah biografi. Biografi BJ Habibie banyak dituangkan dalam bentuk buku, film, dll. Salah satu film biografi BJ habibie adalah Habibie Ainun. Semoga biografi BJ Habibie ini dapat memberimu semangat dan terus menginspirasi.

 

Biografi RA Kartini: Pahlawan Emantisipasi Wanita Indonesia {Lengkap}

Biografi RA Kartini – Siapa yang tidak mengenal Biografi RA Kartini, Beliau adalah salah satu pahlawan wanita Indonesia yang rela berjuang demi rakyat pada masa penjajahan. Beliau dikenang sebagai wanita terdidik yang telah memperjuangkan emansipasi wanita Indonesia. Biografi RA Kartini sendiri sangatlah patut untuk dikenang dan juga diingat. Mulai dari beliau kecil hingga wafat Beliau.

Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau yang lebih dikenal dengan nama RA Kartini mempunyai harapan atas kesamaan gender pada waktu itu. Karena dahulu, wanita tidak dihargai sehingga tidak mendapatkan pendidikan yang begitu layak. Dimana wanita hanya ditugaskan untuk mengurus suami, anak dan memasak di rumah saja.

Dengan kegigihannya, RA Kartini berjuang agar wanita tidak ditindas dan dapat sejajar dengan pria. Untuk mengenang jasa beliau, berikut ini adalah biografi RA Kartini yang dapat kita teladani dan juga menjadi sebuah panutan terutama buat para kaum hawa.

Kelahiran RA Kartini

Biografi RA Kartini tentunya dimulai dari kelahiran beliau. RA Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di kota ukir yaitu kota Jepara. Dimana hari lahir inilah yang telah diperingati oleh masyarakat Indonesia sebagai hari Kartini. Hal ini dimaksudkan untuk dapat menghormati jasa beliau karena dengan gigih melindungi rakyat Indonesia.

Kartini lahir di tengah-tengah keluarga bangsawan Jawa lainnya. Sehingga beliau mendapat gelar RA yang artinya adalah Raden Ajeng. Kemudian setelah Beliau menikah, gelar berubah menjadi Raden Ayu.

Keluarga RA Kartini

Setelah membahas sedikit tentang kelahiran Beliau yang kedua yaitu Biografi RA Kartini yang  membahas tentang keluarga beliau. Kartini adalah putri pertama dari istri pertama Raden Adipati Ario Sosroningrat. Ayahnya adalah putra Pangeran Arion Tjondronegoro IV. Sedangkan ibunya bukanlah istri utama dari sang Ayah tersebut meskipun posisinya sebagai istri pertama.

Ibunya bernama MA Ngasirah yang merupakan anak dari seorang Kiyai di Telukawur, Surabaya Jawa Timur. MA Ngasirah bukanlah seorang putri dari keturunan bangsawan. Sedangkan pada masa kolonial Belanda, terdapat peraturan bahwa seorang Bupati harus menikah dengan seorang bangsawan.

Akhirnya ayah Kartini menikahi Raden Adjeng Woerjan yang merupakan bangsawan dari Raja Madura tersebut. Setelah pernikahannya inilah, kemudian ayah Kartini diangkat menjadi bupati Jepara tepat setelah Kartini dilahirkan.

Kehidupan RA Kartini

Kakek Kartini adalah bupati pertama yang memberikan pendidikan Berat kepada anak-anaknya. Kartini sendiri adalah anak ke-5 dari 11 bersaudara baik kandung maupun tiri. Sedangkan dari saudara sekandungnya, Kartini adalah putri tertua.

Kartini kemudia diperbolehkan bersekolah di ELS (Europese Lagere School) hingga usia 12 tahun. Beliau disana belajar bahasa Belanda.

Akan tetapi, di umur 15 tahun beliau harus tinggal di rumah karena sudah dapat dipingit. Dengan kepandaiannya dalam berbahasa Belanda, beliau mulai belajar menulis surat kepada teman-teman korespondensi dari Belanda. Salah satu teman yang mendukung Kartini ialah Rosa Abendanon.

Dimulai dari belajar menulis dan sharing dengan teman-teman Belanda inilah Kartini mulai tertarik dengan pola pikir perempuan Negara Eropa. Beliau mempelajari hal ini melalui surat kabar, majalah hingga buku-buku. Kemudian beliau mulai berusaha untuk memajukan perempuan Indonesia yang masih mempunyai status sosial rendah saat itu.

Banyak buku serta majalah dari kebudayaan Eropa yang dia baca. Bahkan di usianya yang baru umur 20 tahun, beliau sudah membaca karya-karya yang berbahasa Belanda. Sehingga beliau memiliki pengetahuan yang luas tentang ilmu pengetahuan serta kebudayaan.

Selanjutnya, Kartini mulai memperhatikan masalah emansipasi wanita dengan membandingkan wanita Eropa dengan wanita Negara Indonesia. Dan baginya seorang wanita harus memperoleh persamaan, kebebasan serta otonomi serta kesetaraan hukum yang adil.

Pernikahan Hingga Wafatnya RA Kartini

Di usia 24 tahun, tepatnya pada tanggal 12 November 1903, Kartini disuruh menikah dengan Bupati Rembang yakni K.R.M Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat. Suami Kartini ini telah mempunyai tiga orang istri.

Suami Kartini memberikan pengertian tentang keinginan Kartini. Bahkan beliau membebaskan serta mendukung Kartini untuk mendirikan sebuah sekolah wanita di sebelah timur pintu gerbang perkantoran Rembang. Yang kini telah menjadi gedung pramuka.

Dari pernikahannya tersebut, RA Kartini dikaruniai seorang putra bernama Soesalit Djojoadhiningrat pada tanggal 13 September 1904. Namun empat hari setelah melahirkan, yaitu pada usia 25 tahun, Kartini meninggal. Beliau dimakamkan di sebuah Desa Bulu, Rembang.

Yayasan Kartini Dan Penghargaan Untuk RA Kartini

Pada tahun 1912, Yayasan Kartini di Semarang mendirikan sebuah sekolah wanita. Yang kemudian disusul di daearah Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan daerah lainnya. Sekolah yang diberi nama Sekolah Kartini ini didirikan oleh seorang keluarga Van Deventer,tokoh Politik Etis.

Setelah Kartini wafat, Menteri Kebudayaan, Agama dan Kerajinan Hindia-Belanda yakni Mr. J. H. Abendanon mengumpulkan surat-surat yang telah dikirimkan Kartini kepada teman-temannya di Eropa. Setelah dikumpulkan, surat-surat ini kemudian dibukukan dengan judul Door Duisternis tot Licht yang berarti Habis Gelap Terbitlah Terang.

Dengan terbitnya surat – surat dai R A Kartini ini menarik perhatian masyarakat Belanda. Pemikiran Kartini merubah pandangan masyarakat Belanda terhadap perempuan yang berada di Jawa. Tidak hanya itu, beliau juga menjadi seorang inspirasi bagi tokoh kebangkitan nasional Indonesia. Sehingga  dibuatkannya lagu Ibu Kita Kartini oleh W.R Soepratman.

Pada tanggal 2 Mei 1964, Presiden Soekarno mengeluarkan keputusan yang berisi tentang penetapan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional. Juga menetapkan tanggal 21 April menjadi Hari Kartini.

Buku Karangan RA Kartini

Buku karangan R.A. Kartini

“Habis Gelap terbitlah terang”
Diterbitkan oleh Balai Pustaka Djakarta  th.1963
Tebal:  234 halaman plus.
Kondisi buku: sangat bagus untuk sebuah buku tua, halaman lengkap, sampul bagus.
Buku Kartini yang jadul (bukan edisi masa kini) adalah buku yang cukup langka.
“Door Duisternis tot Licht” – “Habis Gelap Terbitlah Terang”, itulah judul buku dari kumpulan surat-surat Raden Ajeng Kartini yang terkenal hingga sekarang. Sura;t-surat yang telah dituliskan kepada sahabat-sahabatnya di negeri Belanda itu kemudian menjadi bukti betapa besarnya keinginan dari seorang Kartini untuk dapat melepaskan kaumnya dari diskriminasi yang sudah membudaya pada zamannya.

Di era Kartini, akhir abad 19 sampai awal abad 20, wanita-wanita di Negara Indonesia ini belum memperoleh kebebasan dalam berbagai hal. Mereka belum diijinkan untuk memperoleh pendidikan yang tinggi seperti pria bahkan belum diijinkan untuk menentukan jodoh atau suami sendiri, dan lain sebagainya.

Kartini yang merasa tidak bebas untuk menentukan pilihan bahkan merasa tidak memiliki pilihan sama sekali karena dilahirkan sebagai seorang wanita, juga selalu diperlakukan beda dengan saudara maupun teman-temannya yang pria, serta perasaan iri dengan kebebasan wanita-wanita Belanda, akhirnya menumbuhkan keinginan dan tekad di hatinya untuk dapat mengubah kebiasan kurang baik itu.

Pada saat itu, Raden Ajeng Kartini yang lahir di daerah Jepara, Jawa Tengah pada tanggal 21 April 1879, ini sebenarnya sangat menginginkan dapat memperoleh pendidikan yang lebih tinggi, namun sebagaimana kebiasaan saat itu dia pun tidak diizinkan oleh orang tuanya.

Dia hanya sempat memperoleh pendidikan sampai E.L.S. (Europese Lagere School) atau tingkat sekolah dasar. Setamat E.L.S, Kartini pun dipingit sebagaimana kebiasaan maupun adat-istiadat yang berlaku di tempat kelahirannya dimana setelah seorang wanita menamatkan sekolah di tingkat sekolah dasar, gadis tersebut harus menjalani masa pingitan sampai tiba saatnya untuk menikah.

Merasakan hambatan demikian, Kartini remaja yang banyak bergaul dengan orang-orang terpelajar serta gemar membaca buku khususnya buku-buku mengenai kemajuan wanita seperti karya-karya Multatuli “Max Havelaar” dan karya tokoh-tokoh pejuang wanita di Negara Eropa, mulai menyadari betapa tertinggalnya wanita sebangsanya apabila dibandingkan dengan wanita bangsa lain terutama wanita Eropa.

Dia merasakan sendiri bagaimana ia hanya diperbolehkan sekolah sampai tingkat sekolah dasar saja padahal dirinya merupakan anak seorang Bupati. Hatinya merasa sangat sedih melihat kaumnya dari anak keluarga biasa yang tidak pernah disekolahkan sama sekali.

Sejak saat itu, dia pun berkeinginan serta bertekad untuk dapat memajukan wanita bangsanya, Indonesia. Dan langkah untuk memajukan itu menurutnya dapat dicapai melalui pendidikan. Untuk merealisasikan cita-citanya itu, dia mengawalinya dengan mendirikan sebuah sekolah untuk anak gadis di daerah kelahirannya, Jepara. Di sekolah tersebut diajarkan pelajaran menjahit, menyulam, memasak, dan juga sebagainya. Semuanya itu diberikannya tanpa memungut bayaran alias cuma-Cuma atau gratis.

Bahkan demi cita-cita mulianya itu, dia sendiri berencana untuk mengikuti Sekolah Guru di Negeri Belanda dengan maksud agar dirinya dapat menjadi seorang pendidik yang lebih baik. Beasiswa dari Pemerintah Belanda pun telah berhasil diperolehnya, namun keinginan tersebut kembali tidak tercapai karena larangan orangtuanya. Guna mencegah kepergiannya tersebut, orangtuanya pun memaksanya menikah pada saat itu dengan Raden Adipati Joyodiningrat, seorang Bupati di Rembang.

Berbagai rintangan tidak menyurutkan semangatnya tersebut, bahkan pernikahan sekalipun. Setelah menikah, dia masih mendirikan sekolah di Rembang di samping sekolah di Jepara yang sudah didirikannya sebelum menikah tersebut. Apa yang dilakukannya dengan sekolah itu kemudian diikuti oleh wanita-wanita lainnya dengan cara mendirikan ‘Sekolah Kartini’ di tempat masing-masing seperti di Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, dan juga Cirebon.

Setelah meninggalnya RA Kartini, surat-surat tersebut kemudian dikumpulkan dan diterbitkan menjadi sebuah buku yang dalam bahasa Belanda berjudul Door Duisternis tot Licht (Habis Gelap Terbitlah Terang). Apa yang terdapat dalam buku itu sangat berpengaruh besar dalam mendorong kemajuan wanita Indonesia karena isi tulisan tersebut telah menjadi sumber motivasi perjuangan bagi kaum wanita Indonesia di kemudian hari.

Apa yang sudah dilakukan RA Kartini sangatlah besar pengaruhnya kepada kebangkitan bangsa Indonesia ini. Mungkin akan lebih besar dan juga lebih banyak lagi yang akan dilakukannya seandainya Allah memberikan usia yang panjang kepadanya. Namun Allah menghendaki lain, Beliau meninggal dunia di usia muda, usia 25 tahun, yaitu pada tanggal 17 September 1904, ketika melahirkan putra pertamanya.

Mengingat besarnya jasa Kartini pada bangsa ini maka atas nama negara, pemerintahan Presiden Soekarno, Presiden Pertama Republik Indonesia mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964 yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini yaitu pada tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.

5 Teladan Dari RA Kartini

RA Kartini adalah pahlawan wanita yang sangat berani. Apalagi dalam urusan memberdayakan perempuan. Biografi RA Kartini sangat baik, terutama dari sifat-sifat beliau. Berikut ini adalah 5 teladan RA Kartini yang patut untuk ditiru dan juga dicontoh oleh kaum hawa tetapi juga oleh kaum laki-laki :

1. Sederhana

Raden Mas Adipati Sosroningrat selaku ayah RA Kartini adalah bupati Jepara pada saat itu. Meskipun berasal dari kalangan bangsawan, namun RA Kartini tidak berpangku tangan serta diam saja di rumah. Beliau bergaul dan berteman dengan siapapun, sehingga beliau dikenal sebagai perempuan yang merakyat oleh kaumnya.

RA Kartini juga sangat menolak keras perilaku para bangsawan lainnya, yang mana mereka telah menggunakan derajat dan status untuk menindas kaum di bawahnya. Hal inilah yang membuat beliau sangat disenangi oleh rakyatnya.

RA Kartini mempunyai sifat kesederhanan yang patut diacungi jempol. Beliau tidak pernah berfoya-foya atau bermewah-mewahan. Bahkan ketika menikah, beliau tidak pernah mengenakan baju mewah pernikahan dan tidak menggelar pesta.

2. Berani Dan Optimis

Pada zaman dahulu, RA Kartini pernah ditentang oleh masyarakat sekitar karena mempunyai pandangan yang berbeda tentang perempuan. Kartini menganggap bahwa perempuan harus keluar rumah, belajar serta mengejar cita – cita. Bukan hanya berada di dalam rumah sehingga menutup kesempatan bagi perempuan untuk dapat melihat dunia. Atau yang disebut dengan budaya pingit.

Hal itu membuat beliau berani untuk membuka sebuah tempat belajar khusus untuk mendidik perempuan dan anak-anak. Tidak hanya itu, beliau sangat optimis bahwa tindakannya akan memberikan dampak yang besar di masa depannya.

Dan terbukti hingga saat kini, bahwa beliau masih selalu dikenang dengan karya-karya terbaik yang pernah diberikan untuk Indonesia khususnya untuk perempuan Indonesia.

3. Mandiri / Independen

Teladan RA Kartini yang dapat kita tiru yaitu sifat mandiri beliau. Beliau dapat mencari cara agar beliau dapat berpengaruh bagi sekitarnya. Padahal pada saat itu beliau masih dalam keadaan dipingit.

Meskipun tidak disekolahkan hingga tinggi-tinggi, beliau tetap belajar dengan caranya sendiri. Yakni dengan menulis surat kepada para sahabat penanya. Serta belajar pengalaman dari para sahabatnya. Alhasil, beliau dapat membangun sekolah Perempuan Pertama di tanah Jawa.

4. Cerdas Dan Berwawasan Luas

Sejak berkirim surat dengan sahabat penanya yang berada di luar negeri atau di eropa, wawasannya menjadi terbuka. Beliau semakin berfikir bahwa perempuan juga mempunyai hak yang sama dengan laki – laki. Baik dalam hal pendidikan, bekerja serta berpendapat.

Tidak hanya belajar melalui teman penanya, beliau juga belajar dari semua hal yang dialaminya tersebut. Kemudian dengan jiwa pendidik nya itu lah beliau mengajarkan kepada anak-anak didiknya. Mulai dari baca tulis, memasak, melukis, menjahit dan serta masih banyak lagi. Semua beliau tularkan kepada anak-anak dan perempuan Indonesia.

5. Inspiratif

Semua yang telah dilakukan oleh RA Kartini menunjukkan keihklasan serta kesungguhannya. Siapa yang akan menyangka jika tindakan yang dilakukannya di masa lalu akan dapat menginspirasi kita hingga sekarang.

Beliau menularkan pandangan baru kepada orang sekitarnya sehingga mampu membuat orang lain untuk melakukan sesuatu. Semua hal positif yang telah dilakukan oleh Beliau sangat berdampak baik kepada kita sekarang.

Nah, itulah biografi RA Kartini secara lengkap beserta teladan-teladan yang dapat kita ikuti. Semoga dengan mengetahui biografi RA Kartini, kita menjadi generasi penerus yang mempunyai sifat-sifat RA Kartini.

Sampai pada saat ini kita tahu bahwa jasa RA Kartini sangatlah besar bagi Bangsa ini. Kalau RA Kartini pada jaman itu saja dapat memberikan sesuatu yang besar bagi Bangsa, apalagi kita yang hidup dengan berbagai kemudahan serta teknologi begitu canggih. Seharusnya kita juga mampu untuk  memberikan sesuatu yang besar bagi Bangsa ini. Sekian dan Terimakasih….

 

 

Persamaan Dasar Akuntansi; Contoh, Rumus, Konsep, Unsur {Lengkap}

Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan Dasar Akuntansi – Kali ini kita akan sedikit membahas materi tentang rumus persamaan dasar akuntansi, kita akan jabarkan secara detail dan juga  lengkap dari pengertian akuntansi, pengertian persamaan dasar akuntansi, unsur – unsur, konsep, penerapan dasar akuntansi dan jenis beserta rumus persamaan dasar akuntansi.

Pengertian Akuntansi

Persamaan Dasar Akuntansi
Persamaan Dasar Akuntansi

Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, dan pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak maupun pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, serta lembaga pemerintah.

Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan Dasar Akuntansi
Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan Dasar Akuntansi adalah sebuah hubungan antara harta, hutang, dan modal dari sebuah perusahaan, Karena setiap transaksi bisnis mempengaruhi minimal dua akun perusahaan.

Persamaan Akuntansi akan selalu “Dalam Keseimbangan“, yang berarti sisi kiri harus selalu sama sisi kanan yang artinya setiap terjadi transaksi harus dicatat seimbang atau balance dalam dua aspek yakni sisi kiri (Aktiva) dan (Pasiva).

Transaksi yang merubah aktiva harus juga dapat diimbangi pada kewajiban. Jadi persamaan dasar akuntansi yaitu keseimbangan antara sisi kiri (aktiva) dengan sisi kanan (pasiva), perubahan yang timbul akibat kejadian transaksi keuangan maka biar ke-seimbangannya akan selalu dipertahankan.

Persamaan sederhana ini dapat menggambarkan dua fakta tentang perusahaan: apa yang dimiliki perusahaan dan berapa besar hutang perusahaan tersebut. Persamaan akuntansi menyamakan aset perusahaan dengan liabilitas dan juga ekuitasnya, hal ini menunjukkan bahwa semua aset perusahaan diperoleh melalui hutang maupun pembiayaan ekuitas.

Misalnya, ketika memulai sebuah perusahaan, asetnya pertama kali dibiayai dengan kas yang diterima perusahaan dari pinjaman maupun pendanaan yang diterima perusahaan dari investor. Dengan demikian, semua aset perusahaan berasal dari kreditor atau investor, termasuk dalam kewajiban serta. ekuitas.

Rumus Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan Dasar Akuntansi
Persamaan Dasar Akuntansi

Seperti yang tealah Anda lihat pada gambar diatas, aset sama dengan jumlah liabilitas dan ekuitas pemilik. Ini merupakan gambaran ketika Anda mempelajari persamaan dasar akuntansi. Liabilitas maupun kewajiban dan ekuitas pada dasarnya hanyalah sumber pendanaan bagi perusahaan untuk membeli asset tersebut.

Persamaan akuntansi pada umumnya ditulis dengan liabilitas atau kewajiban yang muncul sebelum ekuitas pemilik. Hal ini  dikarenakan kreditor pada umumnya harus melakukan pelunasan sebelum investor dalam kebangkrutan. Dalam hal ini, kewajiban atau liabilitas dianggap lebih lancar daripada ekuitasnya tersebut.

Hal seperti ini harus selalu konsisten dengan pelaporan keuangan di mana aset dan liabilitas lancar selalu dilaporkan sebelum aset dan liabilitas jangka panjang.

Persamaan ini berlaku untuk semua kegiatan bisnis maupun kegiatan transaksi. Aset akan selalu sama dengan kewajiban serta ekuitas pemilik. Jika aset meningkat, kewajiban atau ekuitas pemilik harus meningkat untuk dapat menyeimbangkan persamaan. Sebaliknya berlaku jika kewajiban maupun ekuitas yang menurun.

Unsur – Unsur Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan Dasar Akuntansi
Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan Dasar Akuntansi juga mempunyai unsur – unsur tertentu,  yakni sebagai berikut :

1. Aktiva atau Aset (Assets) :

Aset atau aktiva adalah sumber daya yang dimiliki dan dikuasai suatu perusahaan akibat suatu peristiwa transaksi masa lalu dan harapannya dimasa depan perusahaan akan memperoleh sebuah manfaat ekonomi dari sumber tersebut.

2. Kewajiban atau Hutang atau Liabilitas (Liabilities) :

Kewajiban adalah sebuah tanggung jawab perusahaan akibat peristiwa transaksi dimasa lalu yang harus diselesaikan dengan pengorbanan sumber daya perusahaan.

3. Modal atau Ekuitas (Equity) :

Modal adalah sisa kepentingan dalam aktiva perusahaan setelah dikurangi dengan kewajiban.

4. Pendapatan (Revenue)

Pendapatan adalah arus masuk atau peningkatan atas aktiva dan penurunan kewajiban yang timbul akibat aktivitas penjualan atau penyerahan atau pembuatan barang dan jasa atau aktivitas lain yang menjadi kegiatan utama perusahaan.

5. Beban (Expenses) :

Beban adalah arus keluar atau penggunaan atas aktiva dan peningkatan kewajiban yang timbul akibat aktivitas penjualan atau penyerahan atau pembuatan barang dan jasa atau aktivitas lain yang menjadi kegiatan utama dari perusahaan tersebut.

6. Prive (Drawing) :

Prive itu sendiri dapat diartikan diartikan sebagai pengambilan aset (kas) perusahaan oleh pemilik untuk kepentingan pribadi.

Konsep Dasar Akuntansi

Persamaan Dasar Akuntansi
Persamaan Dasar Akuntansi

Keseimbangan Harta Dengan Modal :

Yang pertama kali perlu diketahui adalah kekayaan perusahaan yang dapat digunakan untuk sumber pembelanjaan kegiatan usaha biasa disebut dengan Harta. Sumber pembelanjaan itu berasal dari pemilik yang biasa disebut dengan Modal  atau Ekuitas.

RUMUS :

HARTA (ASSETS) = MODAL (EQUITY)

Keseimbangan Harta Dengan Hutang Ditambah Modal :

Sumber Modal sendiri terbagi menjadi dua yakni Modal yang berasal dari kreditur dan Sumber Modal sendiri terbagi menjadi dua yaitu Modal yang berasal dari kreditur kemudian disebut Utang serta Modal dari pemilik sendiri yang disebut dengan Modal itu sendiri.

RUMUS :

HARGA (ASSETS) = HUTANG + MODAL (EQUITY)

Kesimpulan :

Dalam operasi usaha dimungkinkan adanya sebuah transaksi pendapatan dan beban. Pendapatan adalah kenaikan harta yang diperoleh melalui hasil penjualan barang atau jasa. Sedangkan beban adalah penurunan sejumlah harta akibat pengorbanan untuk memperoleh sebuah pendapatan. Pendapatan sifatnya ialah menambah modal sedangkan beban sifatnya adalah mengurangi modal. Sehingga diperoleh persamaan dasar akuntansi adalah sebagai berikut :

HARTA = HUTANG + MODAL + PENDAPATAN + BEBAN

Penerapan Persamaan Dasar Akuntansi pada suatu Kasus

Persamaan Dasar Akuntansi
Persamaan Dasar Akuntansi

Berikut ini merupakan kasus dimana persamaan dasar akuntansi bekerja dalam situasi bisnis.

Andri merupakan pengusaha yang ingin memulai sebuah perusahaan yang menjual speaker untuk sistem stereo mobil. Setelah menabung selama setahun, Andri memutuskan sudah saatnya untuk memulai bisnisnya secara resmi. Dia membentuk Mega Speaker serta menanamkan modal Rp 100.000.ooo kepada perusahaan sebagai ganti semua saham yang baru dikeluarkannya tersebut.

Transaksi bisnis ini dapat meningkatkan kas perusahaan dan meningkatkan ekuitas dengan jumlah yang sama.

persamaan dasar akuntansi 2

Setelah pembentukan perusahaan tersebut, Mega speaker perlu membeli beberapa peralatan untuk memasang speaker tersebut. Ia kemudian membeli  peralatan instalasi dengan harga Rp 20.000.000 yang ia dapatkan dari kas. Dalam hal ini, Mega Speaker menggunakan kas untuk membeli aset lain, sehingga akun aset berkurang dari pencairan uang tunai dan meningkat dengan penambahan peralatan instalasi.

persamaan dasar akuntansi 3

Setelah satu tahun, Mega speaker berkembang pesat dan perlu mencari tempat untuk bisnis baru lagi. Kemudian Andri memutuskan bahwa paling masuk akal secara finansial bagi Mega Speaker  yaitu untuk membeli gedung. Karena Speakers, Inc. tidak mempunyai kas sebesar Rp 500.000.000 untuk membayar bangunan, ia harus memilih untuk mengambil pinjaman.

Mega speaker membeli bangunan Rp 500.000.000 dengan membayar Rp 100.000.000 tunai dan mengambil hipotek Rp 400.000.000. Transaksi bisnis ini mengurangi aset sebesar Rp 100.000.000 dari pengeluaran kas, meningkatkan aset dengan bangunan Rp 500.000.000 yang baru, dan meningkatkan liabilitas dengan hipotek Rp 400.000.000 yang baru.

persamaan akuntansi 4

Seperti yang Anda lihat pada sebelumnya, semua transaksi diatas selalu menyeimbangkan persamaan dasar akuntansi. Ini merupakan salah satu aturan dasar akuntansi. Persamaan dasar akuntansi tidak pernah tidak seimbang atau balance. Aset akan selalu sama dengan kewajiban serta ekuitas pemilik tersebut.

Untuk memudahkan Anda dalam pengelolaan keuangan bisnis, tentunya Anda juga dapat menggunakan software akuntansi. Accurate Online dapat menjadi solusi pilihan Anda untuk menciptakan kegiatan akuntansi yang lebih efisien untuk bisnis Anda.

1. Accurate Online itu sendiri sudah digunakan dari 300 ribu user dengan berbagai entitas bisnis, mulai dari UMKM sampai perusahaan multinasional.

Itulah sedikit  pembahasan lengkap tentang cara menghitung rumus persamaan dasar akuntansi beserta contoh soal dan pembahasannya, semoga  dengan adanya artikel diatas dapat menambah ilmu serta wawasan anda dan juga bermanfaat. Terimakasih .